DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Turnamen Mini: Timnas Indonesia Melawan Guatemala, Gol Indah Jorge Solorzano Taklukan Timnas Garuda

image
Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Guatemala 0-1 dalam pertandingan terakhir turnamen mini yang digelar PSSI

 

ORBITINDONESIA – Timnas Indonesia gagal raih kemenangan saat berjumpa Guatemala dalam lanjutan turnamen mini yang digelar oleh PSSI dan harus takluk 0-1.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Kedua tim langsung menekan pertahanan lawan sejak menit awal namun masih dapat digagalkan oleh barisan belakang lawan.

Guatemala berhasil menguasai permainan dengan tiga peluang yang ciptakan melalui Daniel Cardoza Diaz dan Jefry Leonardo Bantes.

Baca Juga: Turnamen Mini: Indonesia Melawan Selandia Baru, Timnas Garuda Takluk 1-2 dari Selandia Bar

Timnas Indonesia coba bermain sabar dengan lakukan operan pendek dalam konstruksi serang dengan memancing keluar pemain Guatemala dan berhasil pada menir ke-16

Dalam skema serangan, Kiper Guatemalam Jorge Estuardo Moreno Alfaro sampai membuat kesalahan dengan menyentuh bola di luar area kotak penalti.

Atas kesalahannya berujung tendangan bebas diberikan kepada Indonesia, di menit ke-20 Timnas Indonesia produksi ancaman pertama via tendangan bebas langsung.

Keasikan mencari gol pertama membuat barisan belakang Timnas Indonesia kecolongan pada menit ke-22 dimana Jorge Solorzano melakukan tendangan lob cantik dari tengah lapangan usai merebut bola dari kaki Arkhan Fikri.

Baca Juga: Turnamen Mini: Indonesia Melawan Fiji, Obral Kartu Merah, Timnas Menang 4-0

Kiper Daffa Fasya yang terlanjut maju ke depan, gagal menjangkau bola lambung dari Solorzano, 0-1 untuk Guatemala.

Hingga babak pertama usai, kedudukan 0-1 untuk Guatemala atas Indonesia tidak berubah, lepas turun minum, Timnas Indonesia terus menekan pertahanan Guatemala namun masih gagal karena disiplinnya barisan belakang Guatemala.

Guatemala harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-58 setelah Julio Garcia harus mandi lebih cepat karena menerima kartu kuning kedua dan merah karena mengambil bola terlalu tinggi hingga mengenai kepala Hokky Caraka.

Bahkan Julio Garcia pun mengulur waktu bahkan berakting jatuh dan pura-pura sakit setelah Dzaky Asraf mencoba untuk memintanya keluar lapangan.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Terima Pengunduran Diri Zainudin Amali Secara Informal

Reza Aditya mencoba menciptakan peluang lewat tendangannya namun bola masih membentur tiang gawang

Timnas Indonesia mendapatkan peluang di menit ke-68 berawal dari serangan cepat yang diinisiasi oleh Arkhan Fikri ke Hokky Caraka dan diselesaikan oleh Ronaldo Kwateh namun tendangannya masih lemah dan terlalu dekat dengan kiper Guatemala.

Timnas Indonesia kembali menciptakan peluang lewat Hokky Caraka yang mengelabui kiper dan berikan kepada Arkhan Fikri namun posisinya sudah terlalu maju pada menit ke-70

Timnas Indonesia terus mengurung pertahanan Guatemala namun masih gagal dalam penyelesaian akhir serta rapatnya barisan pertahanan Guatemala.

Baca Juga: Erick Thohir: Pemerintah Mendukung Penuh PSSI

Timnas Indonesia mencoba percobaan pada menit ke-82 lewat tendangan spekulasi dari Sultan Zaki namun masih melebar dari tiang gawang Guatemala.

Pada menit akhir Timnas Indonesia kembali menciptakan peluang kali ini Dzaky Asraf melepaskan umpan yang gagal dimanfaatkan oleh Alfriyanto Nico karena bola melebar dari gawang Guatemala.

Hingga waktu tambahan 7 menit tidak ada gol tambahan bagi kedua tim, kedudukan 0-1 untuk Guatemala atas Timnas Indonesia tidak berubah. ***

 

Berita Terkait