DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Momentum Jokowi Jalan Bersama Prabowo, Inilah Daftar Pejabat yang Mendampingi Peresmian Tzu Chi Hospital

image
Ilustrasi Jokowi ketika bertemu dengan Prabowo

ORBITINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertangkap kamera sedang jalan bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Momentum Jokowi jalan bersama Prabowo ini dinilai jadi hal yang menarik di tengah situasi Partai Gerindra harus memilih, merapat di kubu partai yang mendukung Anies Baswedan atau partai di pihak Ganjar Pranowo.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo ini muncul ketika peresmian Tzu Chi Hospital Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Rabu, 14 Juni 2023.

Baca Juga: 14 Klub Sepak Bola Papan Atas di Asia Tenggara Siap Bertanding di Kualifikasi ASEAN Club Championship Juli

Baca Juga: Saiful Huda Ems: Ganjar Melesat, Anies dan Prabowo Tersendat

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian Tzu Chi Hospital adalah Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Kemudian Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dan Kepala Sekretariat Presiden sekaligus Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Baca Juga: Pilkada Jakarta, Anthony Leong: Ahok Punya Energi dan Modal Sosial Besar untuk Bertarung

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berharap jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berobat ke luar negeri semakin berkurang dengan kehadiran rumah sakit tersebut.

Baca Juga: Bukan Mewakili Indonesia, Presiden Jokowi akan Panggil Prabowo tentang Usulan Resolusi Konflik di Ukraina

Dalam peresmian itu, Jokowi sempat meninjau fasilitas serta peralatan modern untuk perawatan pasien berbagai penyakit seperti kanker, thalasemia, maupun sumsum.

Baca Juga: Piala Asia Putri U17: China Menang Melawan Thailand

"Semuanya saya lihat, peralatan, sarana prasarana, semuanya sangat modern. Saya sangat menghargai pembangunan rumah sakit ini," kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan sebelum menandatangani prasasti peresmian Tzu Chi Hospital.

Presiden Jokowi menyebutkan rumah sakit yang dibangun oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia tersebut memiliki kapasitas 576 kamar yang dilengkapi sarana prasarana dan peralatan kesehatan yang canggih.

Baca Juga: Ahmad Muzani Gerindra: Erick Thohir Jadi Salah Satu Kandidat Cawapres Prabowo

Baca Juga: Zulkifli Hasan Bantah Melobi Kursi Kabinet Ketika Kunjungan Rombongan PAN Temui Presiden Jokowi

Oleh karena itu Presiden Jokowi berharap kehadiran Tzu Chi Hospital dapat menekan tingkat kepergian WNI yang berobat ke luar negeri, sekaligus mengurangi laju capital outflow.

Menurut Presiden Jokowi, setiap tahunnya terdapat hampir satu juta WNI yang pergi berobat ke luar negeri, menimbulkan hilangnya devisa sekira 11,5 miliar dolar AS atau sekira Rp170 triliun.

"Rp170 triliun hilang gara-gara berobat ke luar negeri. Sekarang setop, pergi saja ke Tzu Chi Hospital," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Anggota DPR RI Dedi Mulyadi Sebut Penyanyi Mahalini Dinikahi Rizky Febian Sesuai Syariat Islam

Presiden meyakini bahwa kualitas dan kemampuan dokter-dokter Indonesia tidak kalah dibandingkan tenaga kesehatan negara tujuan WNI berobat, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Jepang.***

Dapatkan informasi menarik lainnya dari ORBITINDONESIA.COM di Google News

Berita Terkait