DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Presiden Putin dan Yevgeny Prigozhin Saling Membutuhkan, Mungkin Bernegosioasi Sebagai Sekutu

image
Pemimpin Grup Wagner Yevgeny Prigozhin dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

ORBITINDONESIA.COM - Hanya lima hari setelah melakukan pemberontakan singkat, komandan tentara bayaran Yevgeny Prigozhin bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan berjanji setia kepada pemerintah. Keduanya tampaknya saling membutuhkan.

Mantan penulis pidato Putin Abbas Gallyamov mengatakan kepada The Associated Press bahwa Putin mengakui patriotisme Prigozhin dan membutuhkan pasukannya di garis depan.

Sementara Prigozhin membutuhkan Putin untuk memastikan kebebasannya dari penuntutan. Keduanya bernegosiasi sebagai sekutu, dengan Prigozhin lolos dari hukuman, kata Gallyamov.

Baca Juga: Laporan Terbaru Counterpoint: Pengiriman Ponsel 5G di Indonesia Tumbuh 77 Persen di Q1 2024

Baca Juga: Menguak Misteri Masalembo: Segitiga Bermuda di Sumenep, Jawa Timur

Prigozhin “muncul sebagai pemenang dari pemberontakan ini,” kata Gallyamov dalam wawancara Zoom dari Tel Aviv. "Dia telah menunjukkan dirinya sebagai penguasa situasi."

Menambah sifat tidak biasa dari pertemuan Putin - Prigozhin tersebut adalah bahwa hingga baru-baru ini, Putin telah menyangkal adanya hubungan antara negara dan pasukan Prigozhin.

Baca Juga: Media Israel: Pemimpin Hamas, Yahya Sinwar Mungkin Ada di Terowongan Khan Younis, Gaza Selatan

Tentara bayaran adalah ilegal di Rusia, tetapi pasukan Wagner telah berjuang untuk kepentingan Rusia di seluruh dunia dan memainkan peran penting dalam merebut Bakhmut, dalam pertempuran perang terpanjang dan paling berdarah.

Putin telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan Prigozhin beroperasi di bawah kontrak pemerintah.

Sepanjang perang, Prigozhin telah mengkritik keputusan yang dibuat oleh petinggi militer Rusia, yang menyebabkan ketegangan dengan Kremlin yang memuncak pada pemberontakan 24 Juni.

Baca Juga: Media Israel: Pemimpin Hamas mungkin ada di terowongan Khan Younis

Baca Juga: Jalan Tol Cisumdawu Diresmikan Jokowi, Ini Rute dan Tarif yang Akan Diterapkan pada Oktober Mendatang

Pemberontakan tersebut sangat melemahkan otoritas Putin, meskipun Prigozhin mengklaim bahwa pemberontakan tersebut tidak ditujukan kepada presiden tetapi untuk menyingkirkan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Gerasimov.

Prigozhin membatalkan pemberontakannya setelah kesepakatan ditengahi baginya untuk pergi ke Belarusia.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid Apresiasi Majelis Umum PBB Dukung Keanggotaan Penuh Palestina

Mark Galeotti, seorang penulis yang mengepalai perusahaan konsultan Mayak Intelligence, mengatakan bahwa hubungan yang rumit dengan Prigozhin adalah “kompromi lebih lanjut dari pihak Putin dan mencerminkan keengganannya untuk mengambil keputusan personel yang keras dan kejam.”

"Dia bersedia melihat orang Ukraina dibom oleh selusin orang, tetapi tidak menghadapi tokoh mana pun di lingkarannya sendiri," tulis Galeotti di The Spectator.

Baca Juga: LRT Jabodebek Mulai Beroperasi Tanggal Ini, Yuk Cek Rute Resminya di Sini!

Baca Juga: Pilkada Lampung: Ahmad Muzani Ajak Seluruh Kader Gerindra Menangkan Rahmat Mirzani Djausal Jadi Gubernur

Tatiana Stanovaya, seorang rekan senior di Carnegie Russia Eurasia Center, meramalkan bahwa beberapa pengamat Rusia akan tercengang oleh pergantian peristiwa.

“Ketika Anda melihat dari sudut pandang elit Rusia, itu konyol,” katanya kepada AP. "Ini sangat sulit dipercaya dan sangat mengejutkan."

Beberapa hari setelah pemberontakan, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan Prigozhin berada di Belarusia. Namun pekan lalu presiden mengatakan kepala tentara bayaran itu berada di Rusia sementara pasukannya tetap berada di kamp mereka.

Baca Juga: Menag Yaqut Cholil Qoumas: Sebanyak 41 Ribu Jamaah Lansia Tunaikan Ibadah Haji Tahun 2024

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa selama pertemuan 29 Juni, Putin menawarkan "penilaian" atas tindakan Wagner di medan perang di Ukraina dan "peristiwa 24 Juni".

Baca Juga: Ini Rekomendasi 5 Kafe di Nganjuk yang Cocok Dikunjungi Wisatawan, Bisa Buat Santai dan Bekerja sambil Ngopi

Presiden juga "mendengarkan penjelasan para komandan dan menawarkan mereka opsi untuk pekerjaan lebih lanjut dan penggunaan lebih lanjut dalam pertempuran," kata juru bicara Kremlin.

Baca Juga: Musisi Asal Kanada, Elijah Woods Bawakan Lagu Taylor Swift Ketika Tampil di Jakarta, Sabtu Malam

Sebanyak 35 orang ikut serta dalam pertemuan itu, kata Peskov. Putin telah memberikan opsi kepada para pejuang Prigozhin: bertempur sebagai bagian dari tentara reguler Rusia, pensiun dari dinas, atau bergabung dengan Prigozhin di Belarusia.***

 

Berita Terkait