DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Andre Vincent Wenas: Puan Maharani PDIP dan Giring Ganesha PSI Sudah Saling Kirim Sinyal untuk Berbaikan

image
Ketua DPP PSI Andre Vincent Wenas tentang perbaikan hubungan antara PDIP dan PSI.

ORBITINDONESIA.COM - Puan Maharani dari PDIP telah memberi sinyal bakal berbaikan dengan PSI, setelah sebelumnya hubungan keduanya seperti membeku.

Semua tahu kalau sebelumnya PDIP sama sekali tidak menyebut dan mengundang PSI datang ke acara relawan Ganjar, padahal PSI telah lebih dulu mendeklarasikan Ganjar-Yenny di tahun 2022.

Di luar kaitan PDIP, tak lama kemudian Nasdem pernah menaruh Ganjar Pranowo sebagai kandidat bacapresnya, bersama Anies Baswedan dan Andika Perkasa. Lalu PPP juga melakukan hal yang sama.

Baca Juga: Kemenhub: Bus Pariwisata Pembawa Siswa SMK yang Kecelakaan di Ciater Subang Tercatat Tak Miliki Izin Angkutan

Baca Juga: Max Hendrian Sahuleka: 3 Pengendara Motor Bajingan

Merespon kunjungan Prabowo Subianto bersama tim lengkap Partai Gerindra ke basecamp PSI, para nyamuk pers pun mengejar Puan Maharani untuk dimintai komentarnya.

Peristiwa kunjungan itu ternyata jadi heboh. Mengundang reaksi pro-con dari berbagai kalangan, dunia jurnalistik (mainstream dan citizen) pun jadi seru.

Baca Juga: Kapolda Jawa Barat: Korban Meninggal Dalam Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciater Subang Berjumlah 11 Orang

Banyak yang mengapresiasi, tak sedikit pula yang mengutuk, walau ini cuma silaturahmi, tak ada komitmen koalisi. Rupanya PSI telah melangkah ke area politik yang sangat sensitif. Ini fakta yang tak bisa dipungkiri.

Apalagi di pihak PSI ada salah seorang tokohnya, Guntur Romli, sampai mengundurkan diri. Dia adalah yang selama ini mendukung Ganjar.

Baca Juga: Daftar Pemain Film Siksa Neraka 2023: Mulai dari Keisha Alvaro hingga Pemain Senior Slamet Raharjo

Baca Juga: Bus Rombongan Siswa SMK Lingga Kencana Depok Kecelakaan di Ciater, Subang, 9 Tewas Puluhan Luka-luka

Tapi nampaknya PSI mesti terus melangkah lincah di berbagai tikungan politik yang kerap membingungkan publik. Siap bergerak sesuai arahan Pak Jokowi. Begitu kata Grace Natalie.

Ketemu dengan Prabowo sudah, tinggal ketemu dengan Ganjar. Keduanya “all the President’s men.” Keduanya direstui Jokowi, paling tidak begitu klaim dari keduanya.

Tambah lagi, dalam perspektif PDIP, Prabowo bukanlah orang asing, ia pernah jadi bacawapresnya Megawati, pernah punya perjanjian Batutulis, dan seterusnya. Sedangkan Ganjar jelas kader sendiri.

Baca Juga: Pilkada Depok 2024: Sudah Resmi, Supian Suri Jadi Calon Wali Kota yang Diusung PDI Perjuangan

Lalu dari pemberitaan kemarin ini tertangkap pesan bahwa PDIP bersedia datang ke PSI kalau diundang.

Baca Juga: Tersandung Isu Pelecehan Seksual, Inilah Profil Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Punya Gelar Profesor!

Namun persisnya kata Puan, “Selalu saya sampaikan bahwa silaturahmi itu harus selalu dilakukan. Jadi menurut kami silaturahmi yang dilakukan Pak Prabowo kepada PSI itu suatu hal yang sangat positif, yang memang harus selalu dilakukan oleh siapa saja. Bukan hanya oleh Pak Prabowo, tapi oleh siapa saja.”

Baca Juga: Pilkada Jawa Tengah: Partai Golkar Godok Raffi Ahmad, Pengamat Teguh Yuwono Bilang Menarik

Kemudian, "Apa yang disampaikan tadi bahwa sepertinya PDI Perjuangan tidak membuka pintu, kemudian PDI Perjuangan tidak mau melakukan komunikasi, kan bisa dilihat bahwa saya selalu membuka pintu.

Saya kan enggak bisa juga ujug-ujug datang, tapi kemudian enggak ada prolog yang ingin disampaikan bahwa menginginkan pertemuan atau menginginkan kehadiran. Pertemuan itu hanya bisa terjadi kalau kedua belah pihak itu sama-sama menginginkan adanya pertemuan."

Jadi, mesti ada prolog yang menyampaikan keinginan mengadakan pertemuan atau menginginkan kehadiran. Begitu yang disampaikan Mbak Puan di media.

Baca Juga: Kabar Duka, Jaksa Agung Muda Pidana Umum Fadil Zumhana Meninggal

Baca Juga: Iyyas Subiakto tentang PSI Pasca Dikunjungi Prabowo: Oh Grace Oh, Ya

Maka terhadap berita itu, Giring Ganesha pun membuat statement di media, “Dari dulu kami sangat ingin bersilaturahim dengan semua partai. Apa pun. Bila diizinkan, kami akan datang ke kantor DPP PDIP. Bila dibolehkan kami akan berdiskusi dan belajar dan menimba pengalaman. Salam hormat saya buat Bu Mega."

Lanjutnya, "Mbak Puan saya rasa selama ini memang yang banyak melakukan komunikasi politik dengan berbagai pihak. PSI sangat menghormati Mbak Puan Maharani. Insyaallah kami yang akan datang ke PDIP."

Baca Juga: Pilkada Kota Semarang: Hevearita Gunaryanti Rahayu Diperintah Megawati Maju Bertarung

Singkat cerita, mulai terbukalah tali komunikasi antara PSI dan PDIP setelah selama ini dingin. Episode selanjutnya tentu pertemuan (silaturahmi) antara personil kedua partai politik.

Giring Ganesha sudah menyatakan, “Bila diizinkan, kami akan datang ke kantor DPP PDIP.” Selanjutnya bagaimana nih? Kapan?

Jakarta, Minggu 6 Agustus 2023

Baca Juga: Pilkada Jakarta, Didik J Rachbini: Gagasan Pasangkan Anies Baswedan dan Ahok adalah Eksperimen Berani

Andre Vincent Wenas,MM,MBA. Direktur Eksekutif, Lembaga Kajian Strategis PERSPEKTIF (LKSP), Jakarta.

Berita Terkait