DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Tersandung Isu Pelecehan Seksual, Inilah Profil Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Punya Gelar Profesor!

image
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo yang Kini Jadi Sorotan.(Humas Pemkab Gorontalo)

ORBITINDONESIA.COM – Nama Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo tengah jadi sorotan karena isu pelecehan seksual . Hal ini bermula ketika ada seorang perempuan yang mengaku memiliki kedekatan dengan Bupati Gorontalo.

Nelson Pomalingo merupakan Bupati Gorontalo yang sudah menjabat dua periode. Ia juga memiliki seorang istri yang bukan perempuan sembarangan.

Istri Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo adalah seorang perempuan bergelar profesor. Yakni Prof Dr Hj Fory Amin Naway. Berikut profil lengkap bupati.

Baca Juga: Iyyas Subiakto tentang PSI Pasca Dikunjungi Prabowo: Oh Grace Oh, Ya

Nelson Pomalingo juga bergelar profesor dan besar di dunia pendidikan.

Pria kelahiran 24 Desember 1962 ini sebelumnya menjabat sebagai rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo 2012 – 2016.

Sebelumnya lagi, ia merupakan rektor pertama di Universitas Negeri Gorontalo.

Nelson Pomalingo menjadi rektor di Universitas Negeri Gorontalo setelah kampus tersebut beralih status dari sebelumnya IKIP Gorontalo.

Baca Juga: Alasan Kenapa Drakor The First Responders 2 Wajib Ditonton, Full Adegan Aksi Menegangkan dan Minim Romantis

Meski bergelar sarjana Insinyur pertanian (lulus tahun 1986 dari Universitas Sam Ratulangi), namun Nelson Pomalingo menghabiskan karirnya di dunia kependidikan.

Ia melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Jakarta yang merupakan kampus kependidikan, untuk jenjang S2 dan S3.

Terjunnya Nelson Pomalingo ke dunia politik setelah sekian lama berkutat di dunia pendidikan, tak lepas dari pengalaman organisasinya yang sudah ia tempa sejak masih muda.

Baca Juga: Mengenal Korat, Provinsi Terbesar di Thailand yang Menyimpan Peninggalan Kerajaan Kuno

Saat kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi, Manado, Nelson Pomalingo aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Berikutnya, mengikuti para seniornya, Nelson Pomalingo aktif di Angkatan muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan Komite Nasional pemuda Indonesia (KNPI).

Latar belakangnya sebagai dosen di IKIP Gorontalo membuat Nelson Pomalingo dipercaya sebagai Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Gorontalo.

Bahkan, Nelson Pomalingo juga sempat dipercaya sebagai salah satu Ketua di Pengurus Besar PGRI, yakni pada periode 2013 – 2018.

Nelson Pomalingo memenangkan kembali Pilkada Gorontalo pada 2021 dengan maju dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dengan pengalaman sebagai bupati Gorontalo selama dua periode, Nelson Pomalingo kini digadang-gadang akan maju dalam Pemilihan Gubernur Gorontalo

Hal ini tak mengherankan. Karena Nelson Pomalingo juga termasuk salah satu tokoh yang berperan dalam pemekaran provinsi Gorontalo pada tahun 2000.

Nelson Pomalingo pernah menjadi Ketua Presidium Nasional Pembentukan Provinsi Gorontalo pada 1999- 2000. Ikhtiarnya itu berhasil. Dan Nelson Pomalingo kemudian ditunjuk menjadi Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo pada tahun 2001.

Namun setahun berselang, ia kembali ke kampus dengan menjadi Rektor IKIP Gorontalo hingga kampus tersebut alih status atau dinaikkan menjadi Universitas Negeri Gorontalo. ***

Berita Terkait