DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Kebakaran Hutan di Albania: Pemerintah Mencoba Padamkan Api dan Menangkap Pelaku Pembakaran

image
kebakaran hutan di Albania sedang diatasi dan pelakunya sudah ditangkap

 

ORBITINDONESIA.COM - Pemerintah Albania saat ini sedang berjuang untuk memadamkan kebakaran hutan besar yang terjadi di dekat kota Lac bagian barat.

Menteri Dalam Negeri Albania mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirim Tentara dan Petugas Pemadam Kebakaran ke lokasi kebakaran hutan tersebut pada hari Selasa.

Seorang pelaku yang dicurigai menjadi penyebab kebakaran hutan di Albania sudah berhasil diamankan oleh petugas kepolisian setempat.

Baca Juga: Yunani Temukan 18 Mayat Hangus Akibat Kebakaran yang Menyebar di Eropa Selatan

Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh Menteri Dalam Negeri Albania, Taulant Bala, yang menyebut bahwa dia sudah mencurigai orang tersebut sebagai pelaku utamanya.

Bala juga menganggap kebakaran hutan yang terjadi di negaranya merupakan kebakaran hutan paling buruk yang terjadi sepanjang tahun ini.

"Kebakaran sudah mencapai area pohon pinus yang sangat luas di dekat kota Lac dan ini merupakan salah satu kebakaran hutan terburuk tahun ini," kata Bala dikutip Orbitindonesia.com dari Facebook resminya 23 Agustus 2023.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Yunani Dipicu oleh Perubahan Iklim dan Angin Kencang Menewaskan Satu Orang

Kebakaran hutan yang terjadi di sana sudah sangat dekat dengan pemukiman penduduk dan membakar rumah-rumah yang ada di sana.

Hal itu membuat seluruh penduduk yang tinggal di daerah tersebut harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Media lokal setempat menunjukkan beberapa potongan video yang memperlihatkan helikopter dari para tentara menyemprotkan air ke wilayah tersebut.

Baca Juga: Mengungkap Misteri Gempa Bumi: Penyebab, Dampak, Lokasi dan Mitigasi

Menteri Pertahanan Albania, Niko Peleshi, mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirim sebanyak 50 orang tentara ke lokasi kebakaran.

Peleshi mengatakan penyemprotan tidak bisa langsung dilakukan oleh para tentara tersebut mengingat medan di wilayah tersebut yang sangat curam.

Sementara di Kota Berat, petugas Kepolisian menunjukkan video dari rekaman kamera keamanan di sekitar lokasi kebakaran.

Baca Juga: Hasil Kejuaraan Dunia BWF 2023, Ganda Rehan/Lisa Menang atas Wakil Jerman Lolos ke Babak 16 Besar

Rekaman tersebut menunjukkan ada dua orang laki-laki yang sedang menyalakan api di dekat hutan dan tidak lama kebakaran hutan tersebut terjadi.

Petugas kepolisian kemudian melakukan identifikasi dan penyelidikan terhadap dua orang tersebut serta menetapkan mereka sebagai tersangka kebakaran hutan di wilayah tersebut.

Sebelumnya pada bulan Juli 2023, polisi setempat melakukan identifikasi kepada 14 orang warga dan dijadikan sebagai terdakwa.

Baca Juga: Bea dan Cukai Bandar Udara Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Obat Tradisional Ilegal ke Kyrgyzstan

Empat belas orang terdakwa tersebut dicurigai sebagai pelaku pembakaran hutan yang terjadi di wilayah tersebut.

Mereka semua sedang diproses secara hukum oleh pengadilan setempat dan mendapatkan ancaman paling banyak 15 tahun penjara karena perbuatannya.

Kebakaran hutan memang sedang marak terjadi di beberapa wilayah di Eropa dan Amerika karena perubahan iklim yang melanda dunia.

Baca Juga: Akhirnya Resmi Rilis, NCT Tampilkan Rap dan Vokal Memukau Dalam Lagu Golden Age Dengan Formasi Full Member

Namun, kebakaran hutan yang terjadi di Albania dicurigai terjadi karena ulah manusia bukan dorongan faktor alam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kebakaran hutan tersebut bisa menimbulkan kerugian yang lebih besar lagi jika tidak segera diatasi.***

Berita Terkait