DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Waspada Penularan Cacar Monyet, Ini Daftar Kasus di Sejumlah Negara Termasuk Indonesia

image
Ilustrasi monkeypox atau cacar monyet. Ini Daftar Kasus di Sejumlah Negara Termasuk Indonesia

ORBITINDONESIA.COM- Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mencatat sejumlah kasus penularan cacar monyet yang terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Lantas apa ciri ciri penularan penyakit cacar monyet? Untuk melakukan langkah pencegahan penularan kasus cacar monyet atau monkeypox, kamu diwajibkan harus menjaga kebersihan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), hingga menggunakan masker saat beraktivitas.

Diketahui, cacar monyet bisa ditularkan melalui droplet berupa dahak, bersin, maupun air liur yang mengontaminasi lingkungan atau tangan, kontak kulit, kontak luka, cairan tubuh, serta kontak seksual.

Baca Juga: Amerika Tawarkan Data Rahasia ke Israel untuk Temukan Pemimpin Hamas Tanpa Harus Menyerang Rafah

Baca Juga: Apakah Israel Memiliki Perencanaan Pasca-Pertempuran Melawan Hamas di Gaza

"Salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan penyakit tersebut adalah rajin memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, terutama jika sedang sakit dan bertemu orang sakit," ungkap Plt Kepala Dinkes Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati, dikutip Selasa 24 Oktober 2023.

"Selain itu, kita juga perlu menjaga kesehatan reproduksi dengan baik dan saling setia dengan pasangan," sambungnya.

Baca Juga: Hamas: Seorang Sandera Warga Inggris Tewas Terkena Bom Israel

Di sisi lain, Ani memastikan pihaknya melakukan penelusuran kontak erat kasus mpox demi memutus rantai penularan. Dia pun mengimbau para kontak erat bersikap kooperatif saat dihubungi petugas medis.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Tekanan Darah untuk Kesehatan

"Untuk memutus rantai penularan, kami melakukan tracing pada kontak erat pasien," ujarnya.

Baca Juga: Bebaskan Palestina: Ratusan Orang dari Berbagai Kalangan di Jepang Ikuti The Intifada March

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang melakukan kontak erat dengan pasien monkeypox agar kooperatif saat dihubungi tenaga kesehatan dan bersedia untuk dilakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk," tambahnya.

Ani menjelaskan, secara global jumlah kumulatif pertama kali ditemukannya penyakit cacar monyet yang terkonfirmasi yaitu sebanyak 91.123 kasus di 115 negara dengan jumlah kematian 157 orang.

Baca Juga: Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD Tama S Langkun Khawatirkan Netralitas Aparat Negara di Pemilu 2024

Baca Juga: MotoGP Prancis: Disiarkan Langsung Oleh Trans7 Minggu Malam Ini

Adapun negara yang melaporkan kasus terbanyak pada September 2023 adalah China (365 kasus), Thailand (144 kasus), Portugal (86 kasus), dan Amerika Serikat (72 kasus).

"Beberapa tanda dan gejala khas penyakit monkeypox di antaranya terjadi demam, nyeri tulang dan otot, lenting isi air atau luka pada kulit, adanya benjolan atau pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, leher, atau lipat paha," tukasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium per 13 Oktober 2023, Kemenkes RI mendeteksi total tujuh kasus konfirmasi cacar monyet di Indonesia pada tahun ini.

Baca Juga: Al Hilal Juara Liga Saudi, Cristiano Ronaldo Masih Berpeluang Raih Trofi Pencetak Gol Terbanyak

Jumlah tersebut di luar satu kasus perdana yang ditemukan di Indonesia pada medio 2022.

Seluruh kasus konfirmasi ditemukan di wilayah DKI Jakarta. Rinciannya, satu kasus dilaporkan dari Jatinegara, Mampang satu kasus, Kebayoran Lama satu kasus, Setiabudi dua kasus, Grogol Petamburan satu kasus, dan Kembangan satu kasus.***

 

Berita Terkait