DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Upaya Pemerintah Indonesia Mengevakuasi WNI di Gaza, Beberapa Menolak untuk Alasan Kemanusiaan

image
Ilustrasi perang yang terjadi di Gaza. Upaya Pemerintah Indonesia Mengevakuasi WNI di Gaza, Beberapa Menolak

ORBITINDONESIA.COM- Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengungkap ada beberapa warga negara Indonesia yang menolak dievakuasi dari kawasan Gaza.

Dia menjelaskan bahwa sesuai dengan UU Tahun 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri, tugas negara adalah menyelamatkan WNI dari zona berbahaya seperti Gaza ke lokasi yang aman, tetapi harus dilakukan secara sukarela.

Tidak hanya di Gaza Pemerintah Indonesia juga berupaya mengevakuasi WNI yang berada di Israel, namun tidak sedikit memilih tetap tinggal di sana.

Baca Juga: Amerika Tawarkan Data Rahasia ke Israel untuk Temukan Pemimpin Hamas Tanpa Harus Menyerang Rafah

Baca Juga: Ini Alasan Sederhana Ribuan Warga Binjai Beri Tanda Tangan, Bukti Komitmen Dukung Pasangan Ganjar-Mahfud

Judha mengatakan, terdapat tiga relawan organisasi kemanusiaan MER-C asal Indonesia yang bertugas di Rumah Sakit Indonesia di Gaza menolak dievakuasi dari pusat konflik antara Israel dan kelompok Hamas Palestina.

“Ketiga WNI itu memang memilih tetap tinggal untuk menjalankan tugas kemanusiaan di RS Indonesia (di Gaza) dan kita hargai pilihan tersebut,” kata Judha dikutip dari Antara, Kamis 2 November 2023.

Baca Juga: Hamas: Seorang Sandera Warga Inggris Tewas Terkena Bom Israel

“Kami tidak bisa memaksa. Negara bertugas menyiapkan dan menyediakan fasilitas (evakuasi) tersebut, tetapi pilihan kembali ke pribadi masing-masing WNI,” kata Judha.

Baca Juga: VIRAL, Aliansi Mahasiswa Seluruh Indonesia Serukan Aksi Nasional 16 November 2023 #ReformasiDikorupsi

Sementara itu, tujuh WNI lain yang berada di Gaza sedang menunggu untuk bisa dievakuasi oleh tim KBRI Kairo yang saat ini telah tiba di perbatasan Rafah.

Baca Juga: Bebaskan Palestina: Ratusan Orang dari Berbagai Kalangan di Jepang Ikuti The Intifada March

Ketujuh WNI tersebut terdiri dari dua keluarga WNI yang menikah dengan warga Palestina, beserta anak-anak mereka.

Evakuasi para WNI tersebut akan dilakukan dari rumah mereka, masing-masing di Gaza utara dan Gaza selatan, menuju ke perbatasan Rafah kemudian masuk ke wilayah Mesir, sebelum kemudian diterbangkan ke Jakarta.

Baca Juga: Arif Hidayat: Ganjar - Mahfud MD Sahabat Segala Usia

Baca Juga: MotoGP Prancis: Disiarkan Langsung Oleh Trans7 Minggu Malam Ini

Judha menegaskan bahwa prioritas pemerintah dalam mengevakuasi para WNI yakni menjamin keselamatan mereka.

“Kami tidak mungkin menggerakkan warga negara kita kalau kondisinya tidak aman. Karena situasi di lapangan sangat dinamis jadi upaya ini memerlukan kerja sama dan komunikasi dari berbagai pihak,” ujar dia.

Sejak meletusnya konflik yang dipicu serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023, pemerintah telah memfasilitasi evakuasi empat WNI dari total 136 WNI yang saat itu tercatat di Israel.

Pemerintah juga mencatat beberapa WNI lain yang melakukan evakuasi mandiri menggunakan penerbangan komersial.

Baca Juga: Al Hilal Juara Liga Saudi, Cristiano Ronaldo Masih Berpeluang Raih Trofi Pencetak Gol Terbanyak

Saat ini, kata Judha, Kemlu mendata terdapat 123 WNI di Israel yang memilih tetap tinggal di wilayah masing-masing karena masih merasa aman.

Sebagian besar dari ratusan WNI tersebut berstatus sebagai pelajar di Israel, yang kondisinya terus dipantau oleh pemerintah melalui KBRI Amman di Yordania.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan siap mengirim bantuan yang dibutuhkan warga Gaza, yang terdampak konflik terbaru antara Israel dan kelompok Hamas Palestina.

Baca Juga: Kaesang Bagikan Kabar Suka Cita: Istrinya Hamil

"Ini sejalan dengan perintah Presiden RI Joko Widodo kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk mengoordinasikan pengiriman bantuan bagi Gaza, baik dari pemerintah maupun dari masyarakat," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal.

Bantuan kemanusiaan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan warga Palestina itu rencananya dikirim di akhir minggu ini meskipun detail pengiriman bantuan masih terus didiskusikan antara pemerintah dan sejumlah lembaga masyarakat yang terlibat.

Lembaga yang turut berkontribusi dalam pengiriman bantuan kemanusiaan bagi penduduk Gaza adalah Palang Merah Indonesia, yang telah menyiapkan bantuan senilai Rp2,9 miliar dalam bentuk healthy kit, genset, dan tabung oksigen.***

Baca Juga: Yang Tercecer di Era Kemerdekaan (8): Mencari Kakek di Hutan Kalimantan

 

Berita Terkait