DECEMBER 9, 2022
Nasional

Hendri Satrio: PDI Perjuangan, Gerindra, dan PKB Berpotensi Jadi Tiga Besar di Pemilu 2024

image
Pendiri lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio (kanan). (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Pendiri lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio mengungkap, PDI Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berpotensi menjadi tiga besar di Pemilu 2024.

Menurut Hendri di Jakarta, Jumat, 29 Desember 2023, ketiga partai tersebut akan meraih efek ekor jas (coat-tail effect) dari calon presiden dan calon wakil presiden yang berasal dari partainya masing-masing.

Menurutnya, PDIP akan memperoleh coat-tail effect dari Ganjar Pranowo, Prabowo akan memberi coat-tail effect kepada Gerindra, dan Muhaimin Iskandar yang akan memberi coat-tail effect kepada PKB.

Baca Juga: Hendrajit: Membaca Benang Merah Dalam Buku Novel Steve Berry dan Dan Brown

Ia mengatakan, Partai Nasdem tidak akan menempati posisi tiga besar meski menjadi partai politik yang mengusung Anies Baswedan karena Anies bukanlah kadernya.

“Walaupun Nasdem mendapat coat-tail effect dari Anies, tapi Anies bukanlah kadernya, sehingga pemilih tidak langsung menganggap bahwa Nasdem adalah Anies Baswedan,” ujarnya.

Menurut hasil survei KedaiKOPI, katanya, salah satu alasan responden memilih NasDem adalah karena Anies Baswedan.

Baca Juga: Liga Inggris: Manchester City Dekati Gelar Juara

Lebih lanjut, Hendri mengatakan apabila PKB masuk tiga besar, maka hal itu akan menjadi pencapaian tertingginya.

Menurutnya, kehadiran Muhaimin akan menguntungkan PKB secara langsung.

Selain tiga partai tersebut, Hendri juga memprediksi ada beberapa partai lain yang suaranya akan naik, karena mendapat coat-tail effect, salah satunya Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca Juga: Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin: Globalisasi dan Perang Asimetris

"PKS saya prediksi akan menempati urutan kedua terbesar sebagai penyokong Anies Baswedan. Sehingga urutannya akan PKB, PKS, lalu Nasdem,” katanya.

Di sisi pengusung Prabowo, selain Partai Gerindra, Hendri memprediksi partai politik yang akan mendapat coat-tail effect bagus adalah Partai Golkar.

"Golkar akan dapat coat-tail effect, meski lonjakannya tidak besar atau bahkan angkanya akan turun dibandingkan hasil di Pemilu 2019,” katanya. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait