DECEMBER 9, 2022
Internasional

Presiden Jokowi Berencana Menghadiri Upacara Pernikahan Putra Sultan Brunei Hassanal Bolkiah

image
Presiden Jokowi bertemu dengan para kepala desa (foto: Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan menghadiri upacara pernikahan Pangeran Abdul Mateen, putra Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, di sela-sela kunjungan kerjanya ke negara-negara Asia Tenggara.

Agendanya dalam rangka kunjungan kenegaraan untuk memenuhi undangan Sultan Brunei dan membalas kunjungan sebelumnya ke Indonesia, kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 9 Januari 2024.

Menurut Dwipayana, jadwal kunjungan Presiden ke Brunei Darussalam bertujuan untuk semakin mempererat hubungan persahabatan dan kerja sama yang terjalin baik antara Indonesia dan Kesultanan.

Baca Juga: Kemenhub: Bus Pariwisata Pembawa Siswa SMK yang Kecelakaan di Ciater Subang Tercatat Tak Miliki Izin Angkutan

Presiden Jokowi kemungkinan akan menghadiri upacara pernikahan Pangeran Mateen saat kunjungan kerjanya ke Brunei Darussalam, ujarnya.

Upacara pernikahan Pangeran Mateen dan tunangannya, Anisha Isa Kalebic kabarnya akan digelar selama 10 hari mulai 7 Januari hingga 16 Januari 2024.

Pangeran Mateen merupakan putra ke-10 Sultan Bolkiah dan keenam pewaris takhta Kesultanan Brunei Darussalam.

Baca Juga: Kapolda Jawa Barat: Korban Meninggal Dalam Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciater Subang Berjumlah 11 Orang

Pangeran ini relatif populer di kalangan komunitas internasional, karena ia sering terlihat menemani ayahnya selama kunjungan kenegaraan serta forum internasional.

Sebelumnya, Senin, 8 Januari 2024, Dwipayana menyatakan Presiden Jokowi dijadwalkan mengunjungi tiga negara Asia Tenggara yakni Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam pada periode 9-14 Januari.

Dwipayana menjelaskan, agenda presiden di negara-negara tersebut dimaksudkan sebagai kunjungan balasan, mengingat Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh pernah berkunjung ke Indonesia pada September tahun lalu.

Baca Juga: Bus Rombongan Siswa SMK Lingga Kencana Depok Kecelakaan di Ciater, Subang, 9 Tewas Puluhan Luka-luka

Kunjungan terakhir Sultan Bolkiah ke Indonesia adalah saat keikutsertaannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ke-43 di Jakarta pada September 2023.***

Sumber: Antara

Berita Terkait