DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Piala Asia 2023: Qatar Tundukkan Lebanon 3-0 Pada Laga Pembuka

image
Pemain muda tim Qatar Akram Afif yang menjadi bintang dalam melawan Lebanon(AFC) (AFC/)

ORBITINDONESIA.COM - Qatar menghabisi Lebanon dengan skor 3-0 pada pertandingan pembuka turnamen Piala Asia 2023, yang berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Jumat, 12 Januari 2024 malam waktu setempat.

Ketiga gol yang dihasilkan tuan rumah Qatar atas Lebanon disumbangkan oleh dua striker andalan mereka, yaitu Akram Afif (2) dan Almoez Ali.

Pertandingan baru saja dimulai, namun Qatar yang merupakan tim juara bertahan langsung bermain agresif. Melalui umpan Almoez Ali, Abdulaziz Hatem berusaha mencetak gol ke gawang Lebanon dari sisi kiri kotak penalti pada menit ke-2.

Baca Juga: Warga Indonesia di Qatar Jalankan Salat Idul Fitri 1445 H yang Diselenggarakan KBRI Doha

Namun usaha tersebut digagalkan Mostafa Matar selaku penjaga gawang Lebanon.

Kedua tim terus bersaing, namun dominasi serangan dipegang oleh Qatar, yang melesatkan 16 tendangan pada Lebanon. Lebanon hanya mampu melakukan sebanyak sembilan kali.

Selain itu Qatar juga tercatat melakukan 13 kali tendangan dari dalam kotak penalti, sedangkan Lebanon hanya berpeluang lima kali.

Baca Juga: Gerakan Perlawanan Lebanon, Hizbullah Ubah Wilayah Pendudukan Israel Jadi Seperti Kota Hantu

Gol pertama bagi Qatar tercipta oleh Afif pada menit ke-45. Afif mendapat umpan dari Ali, yang langsung ia eksekusi saat berada tepat di depan gawang dengan penjagaan yang longgar.

Peluang tersebut memecah kebuntuan dan memberi Qatar keunggulan sementara 1-0 atas Lebanon.

Qatar menambah gol keduanya pada menit ke-56 melalui sepakan menyamping dari Ali.

Baca Juga: Nathan Tjoe-A-On Jadi Pemain ke-28 yang Dipangggiil PSSI Untuk Pemusatan Latihan Piala Asia U23

Ali yang semula berada di depan gawang, berlari ke sisi kiri gawang sesaat sebelum menerima umpan dari Mohammed Waad. Lini bek Lebanon terlambat menyadari pergerakan Ali, sehingga akhirnya bisa menjebol gawang yang dijaga Matar.

Tim tuan rumah tak memberi ampun bagi lawannya malam ini. Pada menit 90+6, Afif kembali mencetak angka bagi Qatar. Kali ini pertahanan Lebanon terbukti lemah, karena membiarkan Afif sendiri di depan gawang.

Saat menerima bola, tak butuh lama bagi Afif untuk membobol gawang Lebanon melalui sepakan kaki kirinya. Qatar pun menyapu bersih angka pada pertandingan pembuka Piala Asia 2023, dan untuk sementara unggul pada klasemen sementara Grup A di partai penyisihan.***

Sumber: Antara

Berita Terkait