DECEMBER 9, 2022
Buku

Hendrajit tentang Novel John Grisham yang Berkisah Soal Pengacara

image
Buku karya John Grisham (Foto: Ebay)

ORBITINDONESIA.COM - Kadang biarpun cuma novel kisah fiksi, saat membacanya saya sering rasakan seakan jiwa yang sedang bicara pada diri saya sendiri.

Biarpun saya nggak terlalu suka pengacara, tapi entah kenapa ikut senang ketika Rudy Baylor, tokoh utama novel John Grisham, Rain Maker, lulus ujian sebagai pengacara.

Di sini jelas, dalam berprofesi apapun, seseorang harus punya visi misi. Kalaupun bukan karena mengejar idealisme pribadi, minimal menghayati tujuan mulia sebuah profesi.

Baca Juga: Hendrajit: Membaca Bob Dylan Dari Buku Bacaannya

Tranformasi kesadaran Rudy Baylor dari awal kuliah hukum yang semula hanya ingin membangkang keinginan bapaknya agar jadi dokter, hingga lambat laun tumbuh benih-benih idealisme, ingin membela kaum lemah yang nggak berdaya di hadapan korporasi, dibangun dengan apik dari sejak awal oleh Grisham.

Kasus yang membentang di hadapan Baylor, adalah kasus penipuan sebuah korporasi besar bidang asuransi kepada seorang suami istri manula, yang ditolak klaim asuransinya, ketika putranya menderita leukemia. Dengan dalih putranya sudah memasuki usia dewasa.

Kasus yang semula oleh Baylor dianggap curhatan kaum manula di Memphis, setelah mempelajari berkas-berkasnya, sontak tersadar adanya kejahatan korporasi.

Baca Juga: Hendrajit: Soedjatmoko Percaya Raja Jawa Bisa Memerintah Karena Dapat Wangsit

Kesadaran baru ini tumbuh seiring dengan kabar gembira kelulusan Baylor sebagai pengacara.

(Oleh: Hendrajit, penulis dan pengamat geopolitik) ***

Sumber: Akun FB Hendrajit

Berita Terkait