DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Dinas Pariwisata DKI Berkomitmen Tingkatkan Layanan Sektor Wisata Untuk Capa Target Kunjungan 36 Juta Wisatawan

image
Penari menampilkan tarian dari Provinsi Riau di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu 31 Desember 2023. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta berkomitmen meningkatkan pelayanan sektor wisata dalam upaya mencapai target kunjungan 36 juta wisatawan pada 2024.

"Kami sudah siapkan pelayanan terbaik  kepada wisatawan yang berkunjung ke Jakarta pada tahun ini," kata Kepala Disparekraf DKI Jakarta Andhika Permata di Jakarta, Kamis 8 Februari 2024.

Untuk mewujudkan target tersebut, ia telah mengajukan kenaikan lima persen untuk target kunjungan wisatawan pada 2024 kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Baca Juga: Bersama Unsur Suku Dinas Pariwisata, Satpol PP Jakarta Barat Berpatroli Awasi Tempat Hiburan Malam

Target kunjungan wisatawan mancanegara 2024 diestimasi mencapai 1.873.578 orang, sedangkan target kunjungan wisatawan nusantara diestimasi mencapai 34.175.426 orang.

Selain itu, dalam rangka merealisasikan target yang sudah ditetapkan, Disparekraf DKI Jakarta telah mengembangkan sektor pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) dan pariwisata kesehatan (wellness tourism).

"Program tersebut selaras dengan strategi yang tengah dikembangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di seluruh daerah," ujar Andhika.

Baca Juga: Libatkan Konten Kreator Dunia, Dinas Pariwisata DKI dan Kementerian Luar Negeri Kolaborasi Promosikan Jakarta

Disparekraf DKI Jakarta  telah menerapkan strategi samudra biru (blue ocean strategy) untuk menciptakan  pariwisata yang sejalan dengan program inovatif kementerian.

Disparekraf DKI Jakarta juga berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata budaya khas Betawi, yang menjadi bagian integral dari budaya masyarakat Jakarta.

Andhika optimistis melalui strategi tersebut Jakarta dapat menjadi salah satu kota global yang terkenal di kalangan masyarakat dunia khususnya di bidang pariwisata.

Baca Juga: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Turunkan 27 Pasang Abang None untuk Sambut Delegasi KTT ASEAN

Andhika memaparkan,angka kunjungan wisatawan ke DKI Jakarta selama 2023 periode Januari sampai Oktober sebanyak 1.599.180 orang.

Jumlah mancanegara naik sebesar 268 persen dibandingkan 2022, yakni terbanyak pada Agustus 2023 sebanyak 218.512 orang.

Adapun lima teratas destinasi yang memiliki daya tarik wisata dan memiliki kunjungan wisatawan terbanyak selama 2023 antara lain Ancol (10.031.952 pengunjung), Monumen Nasional (5.943.355 pengunjung), Ragunan (4.824.948 pengunjung), Kota Tua (2.811.766 pengunjung), dan Taman Mini Indonesia Indah (2.408.902 pengunjung).

Baca Juga: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Bikin Program Pemasaran untuk Dongkrak Wisatawan

Jumlah wisatawan tersebut, kata Andhika, selaras dengan program Jakarnaval, Indonesian Dance Festival, maupun perayaan malam tahun baru.

Lewat bekerja sama erat dengan pengelola destinasi pariwisata, Disparekraf DKI Jakarta dapat mewujudkan sektor pariwisata berkelanjutan, berkualitas, serta memperkaya atraksi baru yang dapat menarik minat wisatawan. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait