DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Kemenparekraf Pastikan Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mengawal Musim Libur Lebaran 2024 

image
Suasana kegembiraan para wisatawan menikmati libur (Foto: Kemenparekraf)

ORBITINDONESIA.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf, berkolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) memastikan akan mengawal kesiapan industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dalam menghadapi musim libur lebaran 2024. 

Lebaran adalah momen yang menggembirakan bagi industri pariwisata. Bersama seluruh stakeholder terkait, kami berupaya menyiapkan ekosistem industri pariwisata dan ekonomi kreatif mulai dari akomodasi, maskapai, dan atraksi.

Kesiapan itu diungkapkan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno Extended" di Jakarta, Senin, 1 April 2024. 

Baca Juga: Sandiaga Uno: Pengelola Objek Wisata Harus Bersiap Songsong Libur Lebaran, Pergerakan Orang Jawa Tengah Paling Tinggi

Dari segi akomodasi, tingkat hunian hotel pada momen libur lebaran tahun ini diproyeksi meningkat hingga 10 persen dengan puncaknya diperkirakan pada H+2 lebaran. 

Online travel agent juga telah banyak memberikan informasi serta kemudahan atau fleksibilitas bagi masyarakat untuk pemesanan kamar. 

"Tidak hanya akomodasi, pada musim libur lebaran ini hotel-hotel juga banyak yang telah menyiapkan aktivitas di dalam hotel atau resort juga paket diskon. Jadi hal ini sangat menggairahkan tidak hanya untuk calon wisatawan, tapi juga industri itu sendiri," ucap Rizki. 

Baca Juga: Gandeng Puluhan Mitra Co Branding Wonderful Indonesia, Sandiaga Uno Luncurkan Program Belanja Ekstra Murah

Terkait ketersediaan kursi, Rizki menjelaskan, maskapai secara total telah menyiapkan 6,72 juta untuk 16 hari masa lebaran. Jumlah itu setara dengan 420 ribu kursi per hari yang terbang di seluruh Indonesia. 

Total pesawat yang tersedia mencapai 420 unit dan ada beberapa maskapai mencakup Citilink, AirAsia, dan SCOOT yang telah mengajukan rute tambahan penerbangan internasional. 

Acara ini didukung para stakeholders dan mitra co-branding Wonderful Indonesia mencakup The Ascott Limited (Harris Hotel, Yello Hotel, Fox Hotel); Manhattan Hotel; Traveloka; Trans Studio Entertainment; Grab Indonesia; Tokopedia; Taman Impian Jaya Ancol; El Hotel Bandung; Waterbom Bali; serta White Horse Group. ***

Berita Terkait