DECEMBER 9, 2022
Militer

Tiga Kapal Perang TNI AL Latihan Siaga Tempur Saat Jaga Laut Natuna Utara, Perairan Terdepan Indonesia

image
Prajurit Komando Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut mengikuti latihan siaga tempur laut di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, 24–26 April 2024. ANTARA/HO-Dinas Penerangan Koarmada I TNI AL.

ORBITINDONESIA.COM - Tiga kapal perang dari Komando Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut latihan siaga tempur laut saat tengah berlayar menjaga Laut Natuna Utara, yang merupakan perairan terluar dan terdepan Indonesia berbatasan dengan Malaysia dan Vietnam.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Komando Armada I TNI AL Kolonel Laut (P) Yoni Nova Kusumawan saat dihubungi di Jakarta, Sabtu, menjelaskan latihan itu berlangsung selama tiga hari, 24–26 April 2024.

“Personel yang terlibat kurang lebih 250 prajurit TNI AL Koarmada I,” kata Yona.

Baca Juga: Laksamana Madya TNI Denih Hendrata: Kapal Perang TNI AL Jenis LPD Siap Angkut Pemudik ke Semarang dan Surabaya

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut dalam siaran resminya di Jakarta, Sabtu, menjelaskan tiga kapal perang yang latihan siaga tempur laut, yaitu KRI John Lie-358, KRI Sutedi Senoputra-378, dan KRI Tjiptadi-381, kemudian ada juga pesawat angkut dari Pusat Penerbangan TNI AL Cassa P-8201.

Di Laut Natuna Utara, yang juga bagian dari Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I, tiga kapal perang itu berlatih manuver taktis dan penembakan.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono, saat meninjau latihan dari atas KRI John Lie-358, menjelaskan latihan itu bertujuan meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan prajurit dalam menghadapi berbagai situasi ancaman. Pasalnya, Laut Natuna Utara berhadapan langsung dengan perairan terbuka yang merupakan jalur pelayaran internasional.

Baca Juga: Peserta Pesantren Kilat Ramadan Senang Dapat Pengalaman Belajar di Kapal Perang TNI AL, KRI Semarang-594

“Prajurit diharapkan terus melatih naluri tempurnya untuk menjaga laut Nusantara,” kata Yoos ke jajaran prajurit Koarmada I TNI AL.

Yoos, dalam kegiatannya meninjau latihan, turut didampingi oleh Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada I Laksamana Pertama TNI Mohamad Taufik.

Dalam rangkaian kunjungannya di Natuna Utara, Pangkoarmada I bersama rombongan juga mengecek kondisi prajurit yang berjaga di pulau terluar RI di Pulau Laut dan Pulau Sekatung, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga: Kapal Perang TNI AL, KRI Diponegoro Jadi Tempat Latihan Stage at Sea Angkatan Laut Lebanon

Di Pulau Laut, Laksda Yoos memeriksa kondisi Pos TNI AL (Posal), kemudian di Pulau Sekatung, dia menemui prajurit TNI AL yang berjaga di Pos Marinir Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Pulau Terluar, Kamis, 25 April 2024.

Pulau Laut dan Pulau Sekatung di Natuna merupakan wilayah terluar dan terdepan Indonesia yang menghadap langsung ke Laut Natuna Utara di wilayah utara, dan berbatasan dengan perairan Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Di dua lokasi itu, dia memberi semangat kepada prajurit yang bertugas sekaligus berpesan kepada mereka untuk terus menjaga kesehatan dan menjalin hubungan baik serta kerja sama dengan masyarakat setempat.

Baca Juga: 327 Pengungsi Erupsi Gunung Ruang, Sulawesi Utara, Tiba di Kota Bitung dengan Kapal TNI AL, KRI Kakap-811

Ia juga meminta kepada prajurit untuk terus menjaga nama baik TNI Angkatan Laut di mana pun dan dalam situasi apa pun mereka bertugas.

Dalam kunjungannya ke Pulau Laut dan Pulau Sekatung, Pangkoarmada I didampingi oleh Staf Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Julius Widjojono, Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada I Laksamana Pertama TNI Mohamad Taufik, dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ranai Kolonel Laut (P) Maman Nurachman. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait