DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ali Munhanif: Narasi Teraniaya dan Menjadi Korban Adalah Elemen Penting Mobilisasi Politik Identitas

image
Ali Munhanif tentang ancaman politik identitas

ORBITINDONESIA - Rasa teraniaya dan selalu menjadi korban merupakan elemen penting dalam mobilisasi politik identitas oleh kelompok-kelompok budaya atau agama.

Hal itu diungkapkan Prof. Ali Munhanif, MA, Ph.D., Dekan FISIP UIN Jakarta, dalam Webinar bertema ancaman politik identitas di Jakarta, Kamis malam, 10 November 2022.

Webinar yang membahas ancaman politik identitas itu diadakan oleh Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA, yang diketuai Denny JA. Diskusi dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Amelia Fitriani,

Baca Juga: Pakar: Ada peluang PAN-Gerindra-Golkar usung RK di Pilgub DKI Jakarta

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Tersedih Selamat Hari Ayah Nasional Cocok untuk DIjadikan Status WhatsApp

Ali Munhanif menjelaskan, perasaan terkalahkan, dihinakan dan dipinggirkan berdasarkan politik identitas memberi justifikasi bagi kelompok-kelompok agama atau kultural untuk membela diri.

Menurut Ali, karena gerakan keagamaan harus mendefinisikan diri mereka dalam kaitannya dengan kelompok budaya lain, perasaan terancam antara lain memberi kekuatan akan kebutuhan untuk bangkit dan membela kelompok yang bersangkutan.

Baca Juga: Danrem 131/Santiago Serahkan Bantuan Bagi Pengungsi Korban Erupsi Gunung Ruang di Singkil, Kota Manado

“Sebuah insiden memalukan atau kekalahan, dapat menjadi batu loncatan untuk membangun kekuatan identitas yang lebih besar, lebih kuat, lebih bersatu, dan lebih bermakna secara politis,” tutur Ali.

Ali melihat bahwa tren terkini dalam Islam Indonesia menunjukkan bahwa komunitas Muslim terekspos ke dalam media digital dan bergerak ke perjuangan untuk identitas.

Baca Juga: Bongkar Aib Lesti dan Billar soal KDRT, Kiky Saputri: Bongkar Aib yang Mana?

Baca Juga: Sekjen PBB Antonio Guterres: Situasi Rafah yang Sedang Diserang Israel Ada di Ujung Tanduk

“Maraknya mobilisasi politik identitas tersebut menandakan karakter ideologis lama dari gerakan-gerakan ini untuk fokus pada identitas Islam,” ujarnya.

Sementara wacana Negara Islam dan penerapan hukum Islam adalah ciri ideologis dari gerakan-gerakan seperti partai politik dan civil society, mobilisasi identitas adalah hal baru dalam sejarah Indonesia.

“Perubahan strategi kelompok Islamis telah dibingkai oleh penyesuaian strategis, untuk mengadaptasi perubahan teknologi di media sosial,” tutur Ali. “Politik identitas menjadi daya tarik untuk mobilisasi.”

Baca Juga: Kebakaran di Jalan Piere Tendean Manado Hanguskan Lima Rumah, 25 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Ditambahkan Ali, para pendukung protes berbasis identitas dari kelompok-kelompok Muslim mengadopsi taktik apa pun yang tersedia dan paling efektif dalam konteks sosial, politik, dan sejarah tertentu. Ini khususnya dalam pemanfaatan media sosial. ***

 

Berita Terkait