DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ramaikan Pusat Belanja, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan Gandeng Komunitas

image
Ilustrasi - Suasana kios-kios pertokoan yang tutup dan sepi pengunjung di Mal Blok M, Jakarta, Rabu 7 Desember 2022.

ORBITINDONESIA - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan menggandeng komunitas di bawah naungannya untuk ikut meramaikan pusat belanja atau mal yang sepi pengunjung. 

"Kami punya lima dari 17 sub sektor ekonomi kreatif yang bisa meramaikan mall yakni fesyen, kuliner, musik, seni pertunjukan, dan seni rupa," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan Rus Suharto sewaktu dihubungi, di Jakarta, Rabu 11 Januari 2023.

Baca Juga: 14 Klub Sepak Bola Papan Atas di Asia Tenggara Siap Bertanding di Kualifikasi ASEAN Club Championship Juli

Rus menjelaskan, dengan menggandeng komunitas diharapkan pusat belanja yang sepi bisa menyediakan fasilitas secara gratis.

Baca Juga: Taman Mini Indonesia Indah dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Berkolaborasi Pergantian Tahun

Terlebih, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan juga mempromosikan desa wisata yang dengan menjual paket berkonsep budaya atau hiburan.

Baca Juga: Pilkada Jakarta, Anthony Leong: Ahok Punya Energi dan Modal Sosial Besar untuk Bertarung

"Desa wisata yang kami rekomendasikan yakni Pusat Budaya Betawi Setu Babakan, Kedung Gede di Lenteng Agung, dan Kampung Silat Pesanggrahan," tambahnya.

Harapan Rus, dengan mengenalkan desa wisata mampu mempercepat pemulihan ekonomi warga setelah pandemi.

"Beberapa paket ini bisa terbagi setengah hingga dua hari dengan para wisatawan mencoba kuliner, budaya, edukasi hingga permainan adat Betawi," tambahnya.

Baca Juga: Piala Asia Putri U17: China Menang Melawan Thailand

Baca Juga: Sektor Wisata Sumbang Rp4,77 Triliun ke PAD, Inilah Prestasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta

Ditambahkan pula, nantinya paket wisata ini juga membagikan hadiah semenarik mungkin bagi pengunjung mal atau pusat perbelanjaan.

Hubungan masyarakat dan manajemen reputasi perusahaan Lippo Malls Indonesia, Nidia N. Ichsan mengatakan salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan yakni Plaza Semanggi akan melakukan renovasi untuk menarik kembali minat pengunjung.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Bantah Melobi Kursi Kabinet Ketika Kunjungan Rombongan PAN Temui Presiden Jokowi

"Memang saat ini kondisinya sepi karena akan segera direnovasi dan kebutuhan setiap orang mengunjungi mall sudah berbeda," kata Nidia.

Kendati demikian, pihaknya terus memberi fasilitas gratis kepada komunitas yang ingin menggelar acara di seluruh pusat perbelanjaan Lippo Malls Indonesia.

Baca Juga: Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Beri Penghargaan kepada Penginapan Terbaik

Baca Juga: Anggota DPR RI Dedi Mulyadi Sebut Penyanyi Mahalini Dinikahi Rizky Febian Sesuai Syariat Islam

"Terakhir kami melaksanakan Ecoprint Fashion Week 2022 yang diresmikan oleh Istri mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta sekaligus Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional DKI Jakarta (Dekranasda) Ellisa Sumarlin," tuturnya. ***

Berita Terkait