Pipa PLTA Bungbulang Garut Jebol, Polisi Langsung ke TKP, Ini Katanya

- Rabu, 30 November 2022 | 06:30 WIB
Foto Ilustrasi. Pipa PLTA Bungbulang Garut Jebol, Polisi Langsung ke TKP, Ini Katanya/ Dok Antara  ( Antara)
Foto Ilustrasi. Pipa PLTA Bungbulang Garut Jebol, Polisi Langsung ke TKP, Ini Katanya/ Dok Antara ( Antara)

ORBITINDONESIA - Pipa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau yang kini lebih akrab disebut Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Cirompang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat jebol.

Mengetahui kabar tersebut, polisi langsung datang ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk melihat kondisi pipa PLTA Bungbulang.

"Upaya yang telah dilakukan melaksanakan pengecekan TKP, mencari baket (bahan keterangan) terkait awal kejadian tersebut," kata Kepala Polsek Bungbulang Iptu Usep, di Garut, Selasa, 29 November 2022, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Cek UMP Jawa Tengah 2023, Ganjar Pranowo Umumkan Kenaikan Upah Sebesar 8,01 Persen

Ia menuturkan sejumlah personel kepolisian sudah diterjunkan untuk mengecek kebocoran pipa PLTMH Cirompang yang terjadi di Kampung Rancateureup, Desa/Kecamatan Bungbulang, Garut pada Senin sekitar pukul 14.20 WIB.

Peristiwa itu, kata dia, mengakibatkan semburan air kemudian merusak Power House PLTMH Cirompang dan lokasi di sekitaran pipa, meski begitu kondisi masyarakat sekitar dipastikan aman dari peristiwa tersebut.

"Alhamdulillah masyarakat aman," kata Usep.

Baca Juga: Duh, PLTA Bungbulang Garut Jebol, Begini Kondisi Terbaru Pasokan Listrik di Jawa Barat

Ia mengungkapkan hasil penyelidikan sementara kebocoran pipa tersebut, karena berada di kawasan tanah labil dan juga terjadi pergeseran tanah sehingga pipa tertekan mengakibatkan pipa bocor.

"Hasil penyelidikan dan bahan keterangan yang dihimpun bahwa kejadian tersebut, pipa tersebut berada di atas tanah yang labil, kemudian adanya pergeseran tanah sehingga pipa tertekan yang mengakibatkan pipa bocor," katanya pula.

Halaman:

Editor: Ulil A.

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X