Orbit Indonesia

Norwegia Perkuat Angkatan Bersenjatanya Dengan Membeli 54 Tank Baru Leopard 2

image
Norwegia membeli 54 Tank Leopard 2 buatan Jerman (Ist)

ORBITINDONESIA - Pemerintah Norwegia telah memutuskan untuk mengakuisisi 54 tank tempur utama (MBT) tipe Leopard 2 dari Krauss-Maffei Wegmann Jerman, dengan opsi untuk membeli 18 unit tambahan.

MBT pertama diharapkan akan dikirim pada 2026. Ini merupakan penguatan yang jelas dari kemampuan pertahanan dan kesiapan nasional Norwegia. MBT hari ini dibeli bekas pada 2001 dan siap untuk diganti.

Tank tempur utama baru sangat penting bagi Angkatan Bersenjata, dan akan memperkuat Angkatan Darat Norwegia secara signifikan. Dalam situasi keamanan saat ini, kerja sama pertahanan Eropa menjadi semakin penting.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Baca Juga: Prediksi Pertandingan Newcastle vs West Ham di Liga Primer Inggris Lengkap Prediksi Skor dan Susunan Pemain

Dengan membeli tank Jerman, Norwegia memiliki jenis tank yang sama dengan tetangga dan sekutu dekat Nordik. "Kami juga menjalin hubungan kebijakan keamanan yang lebih erat dengan Jerman," kata Perdana Menteri Jonas Gahr.

Dikatakannya, memastikan keselamatan setiap orang melalui kesiapsiagaan nasional adalah salah satu tugas terpenting sebagai pemimpin politik. Pemerintah memprioritaskan pertahanan dan kesiapsiagaan.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Mengamankan tank baru Norwegia adalah bagian penting dari kesiapsiagaan ini. Investasi ini meningkatkan kekuatan tempur Norwegia di darat.

Ini akan memperkuat Angkatan Darat Norwegia secara signifikan, sekaligus menawarkan peluang besar bagi industri pertahanan dan tenaga kerja Norwegia melalui kerja sama industri, kata Menteri Keuangan Trygve Slagsvold Vedum.

Baca Juga: BRI Liga 1: Persik Melawan PSIS Semarang, Gol Telat Marukawa Bawa Mahesa Jenar Raih Tiga Poin

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Tentara telah membandingkan dua kandidat kuat, dan tes memastikan keduanya sangat baik, kendaraan modern yang memenuhi semua persyaratan untuk kapasitas MBT modern.

Faktor-faktor lain yang dipertimbangkan dan mempengaruhi penilaian meliputi peluang kerja sama industri, kerja sama operasional, logistik, dan dukungan siklus hidup.

Berdasarkan penilaian keseluruhan dari semua faktor dan kondisi yang relevan, Pemerintah menyimpulkan bahwa alternatif Jerman dengan Leopard 2 adalah yang terbaik untuk Norwegia.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Tank Tempur Utama adalah sistem tempur utama Angkatan Darat di Norwegia dan untuk sekutu terpenting. MBT juga penting dalam memenuhi kewajiban kepada NATO.

Baca Juga: BRI Liga 1: Arema FC Melawan PSM, Dua Kartu Merah Warnai Kemenangan Juku Eja

Dengan meningkatkan pertahanan dengan peralatan modern, Norwegia memperkuat NATO, yang merupakan hal terpenting dalam situasi keamanan saat ini.

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

"Kami memiliki personel yang sangat terampil dan termotivasi untuk mengoperasikan MBT kami saat ini, dan kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami sekarang telah memilih untuk membeli versi modern yang baru, kata Menteri Pertahanan.

Pemerintah awalnya akan membeli 54 MBT, dengan opsi membeli 18 unit lagi. MBT akan bertahap dari 2026 hingga 2031. Akuisisi tersebut berada dalam batas biaya NOK 19,7 miliar yang ditetapkan oleh parlemen Norwegia.***

Berita Terkait