DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Update Terbaru, Detik detik Ketika Pesawat Susi Air Dibakar KKB di Papua Pekerja Disandera, Pilot Masih Dicari

image
Ilustrasi pesawat Susi Air. Detik detik Ketika Pesawat Susi Air Dibakar KKB di Papua, 15 Pekerja Disandera, Pilot Kini Masih Dicari

ORBITINDONESIA- Berikut Detik detik ketika
pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY hilang kontak dan diduga dibakar oleh oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan, peristiwa terjadi ketika pesawat Susi Air di Lapangan Terbang Distrik Paro melaksanakan penerbangan dengan rute Timika-Paro-Timika Selasa 7 Februari 2023 pukul 6.35 WIT.

Setelah pesawat dibakar, 15 pekerja dikabarkan sempat disandera. Dikutip Orbit Indonesia dari laman, kini keberadaan pilot masih dalam pencarian.

Baca Juga: Wow Ada Apa Ini, Tiba tiba Wapres Ma'ruf Amin Bakal Ngantor di Papua Selama Satu Bulan

Sebelumnya, pesawat terakhir dalam posisi aktif pukul 9.12 WIB yang direspons perusahaan dengan kondisi darurat.

Kemudian direspons lewat pengiriman pesawat lain guna mengecek posisi pesawat yang belakangan ditemukan dalam kondisi terbakar di landasan Lapangan Terbang Distrik Paro.

Lima penumpang pesawat milik Susi Air, yakni Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge,Meita Gwijangge, dan Wetina W berhasil dievakuasi.

Baca Juga: Update Koban Gempa Turki dan Suriah, 15.000 Orang Meninggal, Pesawat Angkatan Udara Terus Bergerak Evakuasi

Sementara 15 pekerja bangunan puskesmas di Distrik Pati, Kabupaten Nduga, Papua, dikabarkan sempat disandera dan diancam KKB sebelum akhirnya melarikan diri dan diselamatkan masyarakat.

Kini, aparat gabungan TNI-Polri menelusuri hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, untuk mencari keberadaan Pilot Pesawat Susi Air Phlip Max Marthin yang hilang kontak sejak peristiwa pembakaran pesawat.

“Pencarian terhadap Pilot Pesawat Susi Air masih terus dilakukan aparat gabungan TNI-Polri. Jika ada perkembangan lebih lanjut akan disampaikan,” kata Dedi, dikutip dari Antara, Kamis 9 Februari 2023.

Baca Juga: Simak Daftar Lengkap Pengisi Suara Film Animasi Zootopia 2, Karakter, Jadwal Rilis, dan Sinopsis

Sementara itu, terkait lima penumpang Pesawat Susi Air dan 15 pekerja bangunan puskesmas di Nduga, Papua, yang disebut sempat disandera KKB Pimpinan Egianus Kagoya berhasil dievakuasi Tim Gabungan TNI Polri.

Ia mengatakan kondisi seluruh penumpang Pesawat Susi Air dan pekerja bangunan dalam keadaan selamat.

Adapun proses evakuasi para pekerja bangunan tersebut, kata Dedi, dilakukan aparat gabungan TNI-Polri dengan menggunakan helikopter.

“Lima orang penumpang Pesawat Susi Air dan 15 pekerja bangunan puskesmas di Nduga saat ini dalam kondisi sehat usai dievakuasi,” ujarnya.***

Berita Terkait