DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

BRI Liga 1: Akibat Ulah Oknum Suporter, Persib Bandung dan PSS Sleman Wajib Bayar Denda Rp 50 Juta

image
Komdis PSSI jatuhkan sanksi denda sebesar Rp 50 juta kepada Persib Bandung dan PSS Sleman akibat ulah supoternya saat keduanya bertanding

 

ORBITINDONESIA – Dua klub BRI Liga 1 Persib Bandung dan PSS Sleman mendapatkan sanksi sebesar Rp50 jtua yang dijatuhkan oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI dalam sidangnya yang digelar pada Selasa 7 Februari 2023 sebagaimana dilansir dari laman resmi PSSI.

Sidang yang dipimpin oleh Ketua Komdis PSSI, Irjen Pol (Purn) Drs. Erwin TPL Tobing. Hukuman tersebut dibeirkan lataran perilaku buruk oknum suporter saat pekan ke-22 BRI Liga 1 musim 2022/23.

Aksi itu terjadi pada pertandingan Persib Bandung melawan PSS Sleman adanya aksi saling melempar botol air mineral oleh supoter kedu atim di area tribun selatan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu 5 Februari 2023 sebagaimana dalam salinan keputusan Komdis PSSI No. 099/L1/SK/KD-PSSI/II/2023

Baca Juga: BRI Liga 1: PSIS Semarang Melawan Persib Bandung, Persib Kembali Ke Puncak dan Tak Terkalahkan dalam 13 Laga

Aksi pelemparan botol air mineral ini diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup kuat untuk tegaskan adanya pelanggaran kode disiplin dengan melihat Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 nomor 5 Kode Disiplin PSSI tahun 2018.

Bila terjadi pelanggaran serupa di pertandingan selanjutnya di kompetisi BRI Liga 1 musim 2022/23 maka kedua tim akan mendapatkan hukuman yang lebih berat.

Perilaku buruk oknum suporter tidak hanya terjadi di dalam stadion namun juga terjadi di luar stadion dan di area parkir usai pertandingan dengan melakukan aksi provokasi.

Akibat aksi provokasi yang dilakukan oleh suporter Persib Bandung, 11 orang oknum suporter ditangkap, setelah lewati pemeriksaan, personel kepolisian pastikan mereka yang diamankan positif konsumsi narkoba.

Baca Juga: BRI Liga 1: Persib Melawan PSS Sleman, Brace Ciro Alves Bawa Maung Bandung Kembali Ke Puncak

Persib Bandung pun mengeluarkan sanksi kepada para suporter yang terbukti melakukan provaksi sama dengan sanksi yang diberikan kepada suporter yang kedapatan menyalakan flare di dalam stadion yaitu tidak bisa membeli tiket pertandingan Persib.

Selain Persib dan PSS Sleman, Komdis PSSI juga jatuhkan sanksi kepada Persikabo 1973 serta Bornoe FC dengan denda Rp 50 juta karena mendapatkan lima kartu kuning dalam satu pertandingan.

Dan Komdis PSSI juga memberikan sanksi larangan tampil sebanyak dua pertandingan dan denda RP 10 juta kepada pemain PSM Makassar, Safrudin Tahar yang mendapatkan kartu merah langsung pada saat PSM Makassar berhadapan dengan Arema FC ***

Berita Terkait