DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

HEBOH! Awal mula Perseteruan SM Entertainment dan HYBE, Konflik Paman dan Keponakan Mirip Drakor Reborn Rich

image
HYBE akuisisi Saham SM Entertainment disebut aksi balas dendam, bak drakor Reborn Rich

ORBITINDONESIA- HYBE Entertainment diketahui telah membeli sejumlah besar saham dari SM Entertainment dan menjadi penguasa mayoritas dari agensi grup EXO tersebut.

Dikabarkan HYBE Entertainment telah membeli 14,8% saham dari SM Entertainment atau dengan nilai Rp5 Triliun.

Banyak yang menyebut jika tindakan ini adalah pemberontakan dari Lee Sung Soo dengan sang paman Lee Soo Man yang merupakan pendiri SM Entertainment.

Baca Juga: Viral! Pernyataan Resmi SM Entertainment setelah Sahamnya dibeli HYBE Entertainment, Reborn Rich Versi Real

Pemberontakan ini tentunya membuat para netizen seperti melihat reborn Rich versi dunia nyata, karena kasus dalam perebutan harta, tahta, dan kekuasaan.

Ini karena Lee Sung Soo, yang berperan menjadi Co-CEO yang telah berfokus pada peningkatan struktur operasi SM Entertainment dan malah mengeluarkan Lee Soo Man dari perusahaan.

SM Entertainment baru-baru ini mengumumkan bahwa perusahaan akan menjual 9,05% saham atau 1,23 juta saham baru yang diterbitkan ke Kakao.

 Baca Juga: Sinopsis Shut In, Film Thriller Psikologis Mengungkap Rahasia Stephen Tayang di Bioskop Trans TV Malam ini

Selain itu, melalui obligasi konversi senilai 105,2 miliar Won atau setara Rp1,2 triliun, Kakao dapat memperoleh tambahan 1,14 juta saham.

Dengan akuisisi ini, artinya Kakao akan menjadi pemegang saham terbesar kedua di SM Entertainment, setelah Lee Soo Man yang memiliki 18,46% saham di perusahaan SM.

Konflik berlanjut saat SM ingin mengembangkan bisnisnya menjadi SM 3.0 dengan kemajuan bisnis musik perusahaan dan sistem multi label.

 Baca Juga: Sinopsis John Wick 2, Keanu Reeves Kembali Beraksi dalam Misi akan Tayang di Bioskop Trans Tv Malam Ini

Pada tahun 1998, Lee Sung Soo menjalin hubungan pertamanya dengan SM Planning, melalui posisi pekerjaan yang memberi tahu perusahaan tentang tren monitor penggemar lewat komunikasi PC.

Kemudian tahun 2005, Lee Sung Soo secara resmi bergabung dengan SM Entertainment sebagai karyawan A&R dan naik pangkat, hingga ia secara resmi ditunjuk sebagai co-CEO bersama Tak Young Jun pada tahun 2020.

Tahun 2010 ketika Lee Soo Man mengundurkan diri dari kegiatan operasi langsung perusahaan sehari-hari, membuat Lee Sung Soo menjadi tangan kanan Lee Soo Man yang paling utama saat itu.

 Baca Juga: HYBE Entertainment Tanggapi Surat Terbuka Kim Garam Eks LE SSERAFIM, Begini Katanya

Lalu Desember 2022, bersama-sama mereka mengunjungi kementrian budaya Arab Saudi dan menandatangani nota kesepahaman (MoU) antara SM Entertainment dan Arab Saudi.

Namun dengan adanya kerja sama ini justru membuat permasalahan menjadi semakin runcing. Karena diduga Co-CEO, Lee Sung Soo dan Tak Young Joon tidak berkonsultasi terlebih dahulu dengan Lee Soo Man sebagai pemimpin utama SM.***

Berita Terkait