DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Niat Lanjutkan Studi, Inilah Rekomendasi Universitas Favorit di Jawa Barat Lengkap dengan Info Biaya Kuliah

image
Inilah beberapa rekomendasi universitas favorit dan terbaik di Jawa Barat

ORBITINDONESIA – Bagi kamu yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, tentu akan memilih universitas terbaik sebagai tempat menimba ilmu.

Menentukan universitas terbaik tentu harus dipilih dari berbagai aspek dan tentunya sesuai dengan kemampuan diri baik secara akademik maupun finansial.

Untuk itu, berikut ini OrbitIndonesia rekomendasikan beberapa universitas bagus dan terbaik serta telah menjadi favorit di wilayah Jawa Barat.

Baca Juga: Viral Pengemudi Fortuner Ancam Pengendara Lain di Jalan, Polisi Turun Tangan: Kasusnya Sudah Dilaporkan

Jika kamu bingung ingin memilih universitas mana di Jawa Barat, berikut ini merupakan rekomendasi yang cocok beserta dengan gambaran biaya studinya.

Rekomendasi pertama adalah Universitas Katolik Parahyangan, atau yang biasa kita kenal dengan nama Kampus UNPAR.

Berdiri sejak 1955, UNPAR termasuk kampus yang memiliki tingkat kesulitan tinggi serta seleksi masuk yang ketat untuk bisa lolos dan diterima sebagai mahasiswa disini.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Tolak Konsep Childfree hingga Singgung tentang Kiamat, Begini Komentarnya

Sebagai salah satu universitas terbaik dan favorit di Jawa Barat, Kampus UNPAR menyediakan berbagai pilihan fakultas yang cukup banyak bagi para calon mahasiswanya.

Beberapa diantaranya ialah Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Filsafat, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi.

Kampus UNPAR juga memiliki sejumlah Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berjumlah hingga puluhan untuk mewadahi minat dan bakat para mahasiswa.

Baca Juga: BRI Liga 1: Sebut Shin Tae yong Badut, Thomas Doll Minta Maaf

Biaya studi di Universitas Katolik Parahyangan ini sekitar Rp 5.300.000 hingga Rp 13.500.000 per semesternya. Setiap program studi memilki rincian atau nominal biaya yang berbeda-beda.

Sejauh ini, program studi dengan biaya termurah dipegang oleh program studi Ilmu Filsafat sebesar Rp 11.000.000 per semester. Namun, biaya tersebut belum termasuk uang awal masuk sebesar Rp 26.270.000.

Rekomendasi kedua adalah Universitas Pasundan, atau yang biasa dikenal dengan Kampus UNPAS.

Baca Juga: BRI Liga 1: Wow, Bisa Cetak Gol Pemain Barito Putera Kantongi Bonus 30 Juta

Terakreditasi B oleh BAN-PT, Kampus UNPAS memiliki lebih dari 16 ribu mahasiswa dari berbagai jurusan di seluruh fakultas yang ada.

Program studi yang ditawarkan oleh UNPAS pun cukup banyak. Beberapa diantaranya ialah ilmu komunikasi, sastra inggris, desain, film, televisi, biologi, pendidikan guru, teknik industri, akuntansi, ekonomi, dan lain sebagainya.

Kampus yang berlokasi di Kota Bandung ini pun menyediakan asrama bagi para mahasiswa yang berasal dari luar Bandung dan luar Jawa Barat.

Baca Juga: 73 Tahun Hubungan Indonesia dan Rusia, Kenangan Era Soekarno Sampai Investasi di Ibu Kota Nusantara

Perihal biaya studi, Universitas Pasundan memiliki 3 rincian biaya yang perlu kamu ketahui. Ketiga rincian tersebut ialah Dana Penyelenggara Pendidikan, Dana Pembangunan, dan Dana Laboratorium.

DPP mulai dari Rp 10.000.000 hingga Rp 14.000.000 dan DP mulai dari Rp 6.000.000 hingga Rp 8.000.000, serta dana laboratorium mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 11.000.000.

Perlu diketahui bahwa beberapa program studi tidak perlu membayar dana laboratorium dikarenakan sudah digabungkan dengan dana pembangunan.

Baca Juga: Memetik Pelajaran dari Gempa Bumi di Turki dan Suriah untuk Indonesia, Pakar Konstruksi: Sama Saja Problemnya

 

Rekomendasi yang ketiga adalah Universitas Widyatama yang juga berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat.

Memiliki akreditas B dari BAN-PT, Universitas Widyatama hingga sekarang sudah meluluskan ribuan sarjana profesional di berbagai bidang yang dibutuhkan oleh di dunia kerja.

Jumlah fakultas di sini memang tak sebanyak di kampus lainnya, namun menampung banyak program studi yang menjadi incaran di dunia kerja.

Baca Juga: Link Streaming Pertandingan Leeds United vs Manchester United, Nonton Bareng Roses Derby di Minggu Malam WIB

Beberapa diantaranya ialah program studi manajemen bisnis dan ekonomi, akuntansi, sastra inggris, ilmu teknik, teknik industri, desain, teknik informatika, sistem informasi, dan sastra bahasa asing.

Perihal biaya di Universitas Widyatama ini dipermudah dengan sistem angsuran, jadi nantinya mahasiswa bisa membayarkan angsuran selama 3 kali dengan tenggat terakhir pada masa sebelum UTS berlangsung.

Rata-rata nominal angsuran yang harus dibayarkan ialah sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000. Namun perlu diperhatikan bahwa setiap program studi memiliki nominal pembayaran yang berbeda ya.

Baca Juga: Erick Thohir Kian Populer di Bali, Ini Buktinya

Rekomendasi yang keempat adalah Universitas Islam Bandung atau yang biasa dikenal dengan nama Kampus UNISBA.

Berlokasi di Kota Bandung, Kampus UNISBA juga memiliki akreditas B oleh BAN-PT dengan fakultas dan jurusan yang cukup memadai untuk mewadahi minat dan bakat calon mahasiswa.

Beberapa fakultas favoritnya ialah Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran. Biaya studi yang anda butuhkan untuk bisa berkuliah di sini juga tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: Berkelas! Inilah Daftar Jurusan di Universitas Brawijaya dengan Akreditasi A Standar Internasional

Nominal biaya dimulai dari Rp 5.000.000 per semesternya dan juga terdapat berbagai program beasiswa untuk mahasiswa yang membutuhkannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir mengalami masalah studi karena halangan biaya ya.

Demikian informasi tentang universitas swasta di Jawa Barat yang bisa kamu ketahui saat ini. Semoga dapat membantu dalam menentukan calon kampus impian studi sarjananya.***

Berita Terkait