DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

MotoGP Inggris 2022: Fabio Quartararo Terkena Sanksi, Para Pembalap Tunjukan Rasa Solidaritas

image
Fabio Quartararo mendapatkan rasa simpati dari rekan-rekan pembalap MotoGP usai dirinya dikenai sanksi Long Lap Penalty.

ORBITINDONESIAMotoGP Inggris 2022 akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo.

Pembalap berkebangsaan Perancis itu mendapatkan hukuman sanksi pada MotoGP di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Sanksi diterima Fabio Quartararo berupa Long Lap Penalty pada sesi balapan yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu, 7 Agustus 2022.

Hukuman itu didapatkan saat Fabio Quartararo mendorong Aleix Espargaro keluar lintasan pada MotoGP Assen, Belanda pada Juni 2022 silam.

Baca Juga: Jadwal MotoGP 2022: Seri Kedua Dimulai di Silverstone Inggris, Siaran Langsung di Trans7

Baca Juga: Aleix Espargaro Curhat Kehidupan Pribadi Jelang MotoGP Inggris 2022

Peristiwa tersebut membuat Aleix Espargaro harus kehilangan poin akibat dorongan Fabio Quartararo hingga keluar lintasan.

Hukuman yang diterima El Diablo - julukan Fabio Quartararo ini dinilai aneh meskipun juara bertahan musim lalu ini dianggap terlalu agresif saat menyalip.

Dengan hukuman sanksi tersebut, sejumlah pembalap kemudian menyatakan tidak setuju dengan sanksi yang diberikan kepada Fabio Quartararo.

Para kontestan MotoGP 2022 pun bersuara, bahkan salah satunya adalah Aleix Espargaro sendiri, menurutnya sanksi itu sangat sulit untuk dipahaminya.

Baca Juga: Jelang MotoGP Inggris 2022, Fabio Quartararo: Back to Action Soon

Baca Juga: Fabio Quartararo Idola Baru MotoGP, Bisa Sejajar dengan Valentino Rossi

"Saya sepenuhnya setuju dengan Fabio Quartararo dalam arti bahwa dia tidak senang dan dia tidak dapat memahami soal hukumannya," tutur Aleix Espargaro dilansir ORBITINDONESIA dari laman Crash.

"Saya sepenuhnya setuju dengan dia karena kami telah melihat contoh yang berbeda selama tahun ini. Ada pembalap lain yang jauh lebih agresif daripada dia dan tidak mendapatkan penalti," lanjutnya.

Aleix Espargaro juga meminta kepada pihak MotoGP agar memberikan penjelasan secara detail soal pelanggaran agresif yang dilakukan Fabio Quartararo.

"Jika Anda memberikan penalti pada kasus-kasus lebih agresif kemudian Fabio juga mendapatkan penalti ini, maka saya pikir dia akan mengerti dan tak mempermasalahkan," tegas Aleix Espargaro.

Baca Juga: MotoGP Inggris 2022: Marc Marquez Absen Masih Jalani Pemulihan

Baca Juga: MotoGP Inggris 2022, Francesco Bagnaia: Betapa Aku Merindukanmu

Untuk itu, semua pembalap di Komisi Keselamatan tengah mencari jawaban dan mencoba memahami dimana batasan dan membuatnya lebih mudah untuk dipahami semua orang.

"Jika suatu hari Anda mendapatkan penalti kemudian besoknya tidak, maka sulit bagi kami untuk memahaminya," tegasnya.***

Berita Terkait