DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ini Daftar 5 Daerah Terkaya di Lampung, Sektor Pertanian Sampai Pariwisata Jadi Tulang Punggung

image
Inilah sejumlah daerah terkaya di Lampung yang miliki PDRB hingga puluhan juta rupiah perkapita.

ORBITINDONESIA – Sejumlah daerah di Provinsi Lampung terkenal memiliki sejumlah potensi ekonomi yang mampu menopang perekonomian suatu daerah hingga dikenal sebagai daerah terkaya di Lampung.

Berikut ini sejumlah daerah yang memiliki potensi mulai dari pertanian, kehutanan, perikanan, hingga pariwisata yang membuat daerah mereka dikenal sebagai daerah terkaya di Lampung.

Tak hanya dari sisi potensi ekonomi, melainkan juga dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang nilainya bisa mencapai puluhan juta menjadikan beberapa wilayah ini sebagai daerah terkaya di Lampung.

Baca Juga: Mengenal The Mukaab, Mega Proyek Ambisius Mohammed bin Salman yang Dinilai sebagai Kabah Baru

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Lampung, pada tahun 2021 yang lalu, wilayah paling selatan di Pulau Sumatera ini memiliki 9.081.792 jiwa penduduk.

Provinsi Lampung sendiri secara garis besar terdiri dari 2 kota dan 13 kabupaten serta memiliki ratusan pulau yang masuk ke dalam wilayahnya.

Berbicara mengenai perekonomian suatu daerah, sudah tentu akan menyenangkan jika memiliki potensi daerah yang dapat turut menyumbang peningkatan sektor perekonomian.

Baca Juga: BRI Liga 1: Persikabo 1973 Melawan PSIS Semarang Berakhir Tanpa Pemenang

Seperti 5 daerah di bawah ini yang memiliki PDRB cukup besar sehingga daerah mereka dikenal sebagai daerah terkaya di Provinsi Lampung.

1. Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang berada di urutan pertama daerah terkaya di Lampung. Kabupaten ini memiliki PDRB per kapita sebesar Rp56.118.778 dengan 430.630 jiwa pada 2021.

Potensi ekonomi di daerah Tulang Bawang sendiri berada pada sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 37,31 persen.

Baca Juga: Laksamana Sukardi, Menteri BUMN Era Presiden Megawati Soekanoputri Bergabung ke Partai Kebangkitan Nusantara

2. Bandar Lampung

Di urutan kedua ada Kota Bandar Lampung. Berposisi sebagai ibukota dari Provinsi Lampung, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.184.949 pada 2021.

Kota Bandar Lampung tercatat mempunyai PDRB per kapita sebesar Rp51.903.009 pada 2021. Maka tak heran kalau kota ini termasuk daerah paling kaya di Lampung.

3. Lampung Tengah

Pada tahun 2021, Kabupaten Lampung Tengah tercatat memiliki 1.477.395 penduduk dan Rp50.315.555 PDRB per kapita.

Baca Juga: Isu Penggunaan VAR di Kompetisi Sepak Bola Indonesia, Ratu Tisha: Ini Masalah SDM Wasit

Dengan angka tersebut, menjadikan Kabupaten Lampung Tengah berada di urutan ketiga sebagai daerah terkaya di Lampung.

4. Mesuji

Kabupaten Mesuji memperoleh PDRB per kapita sebesar Rp47.414.096. Adapun jumlah penduduk di dalamnya ada sebanyak 229.772 jiwa.

5. Lampung Selatan

Di urutan kelima ada kabupaten Lampung Selatan dengan jumlah penduduk sebanyak 1.071.727 orang. Untuk PDRB per kapita Lampung Selatan memperoleh sebesar Rp43.307.952.

Baca Juga: Kasus Pembubaran Ibadah Jemaat di Gereja GKKD Bandar Lampung Akhirnya Damai, Begini Kata Polisi

Potensi ekonomi dari daerah Lampung Selatan, salah satunya dari sektor pariwisata yang memiliki cukup banyak destinasi yang sering dikunjungi wisatawan dalam negeri dan mancanegara.

Nah, dari kelima daerah terkaya yang ada di Provinsi Lampung, adakah yang menjadi kota/kabupaten tempat kamu tinggal?***

Berita Terkait