DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Sandiaga Uno Berencana Beri Modal Hotel Nonbintang, PHRI Bali: Terima Kasih

image
Wakil Ketua PHRI Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya tentang rencana pemberian akses permodalan kepada hotel di Denpasar, Bali, Selasa 28 Februari 2023.

ORBITINDONESIA.COM - ??????Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mendukung rencana pemberian permodalan bagi hotel khususnya nonbintang, yang dicanangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Kita mengapresiasi dan berterima kasih kalau dikasih permodalan, karena ini sangat penting buat kita ketika baru mulai usaha untuk operasional kita," kata Wakil Ketua PHRI Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya di Kantor Dinas Pariwisata Bali, Denpasar, Bali, Selasa 28 Februari 2023.

Rai yang sekaligus Ketua PHRI Badung itu mengatakan bahwa bantuan permodalan kepada hotel akan memberi banyak manfaat, apalagi melihat jumlah hotel nonbintang yang tidak sedikit.

Baca Juga: WorldSBK 2023: Sandiaga Uno Targetkan Penonton Naik 30 Persen

"Bisa ribuan ada hotel nonbintang, jadi 3.500 dari usaha hotel, khusus di Bali selatan, nonbintangnya hampir setengah dan bintangnya juga setengah," katanya.

Di tengah banyaknya isu jual beli hotel di Bali, hotel nonbintang termasuk di dalamnya. Rai menyampaikan bahwa hal tersebut tergolong wajar dalam dunia bisnis.

"Pertama, mungkin bisa jadi ingin tahu berapa nilai asetnya. Kedua, karena tidak sesuai dengan ekspektasi keuntungannya, dia mau menjual. Ketiga, mungkin mengalihkan investasinya kan bisa terjadi seperti itu jadi tidak ada masalah," tambahnya.

Terkait akses permodalan, Rai mengatakan permohonannya sendiri telah diajukan sejak lama, namun belum ada upaya realisasi akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga: Sandiaga Uno Rayu Asosiasi Negara Arab Investasi di Destinsi Wisata Danau Toba Lewat Diplomasi Kuliner

"Kalau bisa (akses permodalan) kan berupa hibah. Kalau hibah kan lebih bagus dia tidak ada pengembalian. Kalau tidak ya alternatif kedua, pengembaliannya dengan bunga yang murah," katanya.

Hingga kini, PHRI Bali mengaku belum mendapat informasi lebih jauh mengenai rencana Menparekraf seperti petunjuk teknis, aturan, dan skemanya, namun ia berharap dapat terealisasi tahun 2023.

Sebelumnya, pemberian permodalan bagi pemilik hotel khususnya nonbintang disinggung Sandiaga Uno, Senin 20 Februari 2023.

"Kami berikan solusi yang memang sudah lama ditunggu oleh para pelaku industri hotel. Kami memiliki konsep crowdsourcing atau yang beberapa hotel nonbintang bisa didanai melalui fasilitas urun dana," tutur Sandiaga Uno. ***

 

Berita Terkait