DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

15 Tahun Berkonflik Tepat di Hari Paskah, GKI Yasmin Diresmikan oleh Bima Arya

image
GKI Yasmin kini telah memiliki bangunan yang baru untuk ibadah setelah 15 tahun berkonflik dengan masyarakat sekitar dan pemerintah

 

ORBITINDONESIA.COM – Lama tak terdengar GKI Yasmin Kota Bogor kini telah memiliki tempat ibadah yang resmi tepat pada perayaan Paskah 2023

GKI Yasmin di Kota Bogor telah resmi untuk digunakan sebagai tempat ibadah tepat pada perayaan Paskah 2023

Peresmian GKI Yasmin menandai berakhirnya dua tahun proses pembangunan dan 15 tahun konflik yang berlangsung. Walikota Bogor Bima Arya mengatakan peresmian GKI Yasmin merupakan akhir yang membahagiakan bagi kita semua khususnya jemaat GKI Yasmin

Baca Juga: Inilah Rahasia 5 Keistimewaan Malam Nuzulul Quran di Bulan Ramadhan 2023 yang harus Anda Ketahui

"Lima belas tahun kita sama-sama mencurahkan energi dan konsentrasi atas usaha untuk menyelesaikan konflik yang terus menjadi duri dari toleransi kita, keberagaman kita, dan persaudaraan kita semua," katanya sebagaimana dikutip dari Antara.

"Banyak proses yang sudah dilalui untuk mencari ujung penyelesaian. Hari ini adalah bukti dari komitmen Pemerintah Kota Bogor untuk memastikan hak beribadah bagi seluruh warganya tanpa terkecuali," katanya menambahkan.

Sementara itu Juru Bicara Tim 7 GKI Yasmin Arif Zuwana mengatakan bahwa peresmian gereja tersebut menandai selsaianya masalah pemenuhan kebutuhan ibadah di Bogor Barat.

Baca Juga: 10 Quotes Bijak Terbaik Penuh Doa untuk Memperingati Nuzulul Quran Ramadhan 2023 yang Bisa DIjadikan Status

"Kami sudah difasilitasi pemerintah untuk beribadah di Bogor Barat, dan ini sudah terwujud. Berarti bisa dikatakan case closed (kasus selesai),"

Kami akan menyampaikan secara institusi GKI secara nasional, di kami namanya Sinode, ini akan mengumumkan kepada semua bahwa ini sudah selesai," katanya.

Arif menyampaikan bahwa peresmian gereja akan ditandai dengan pemukulan gong dan penandatangan prasasti oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Wali Kota Bogor.

Baca Juga: iPhone 14 Warna Kuning Nuanas Golden Bakal Bisa Kamu Miliki: Begini Spesifikasi dan Keunggulann, ada Promo

Selain itu Arif juga mengatakan bahwa pejabat Pemerintah Kota Bogor, ulama Bogor Barat, serta perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama, Majelis Ulama Indonesia, organisasi Islam, dan lembaga swadaya masyarakat juga diundang untuk menghadiri peresmian gereja.

Sementara itu, jemaat sudah mulai melaksanakan ibadah di lantai dua GKI Yasmin pada Minggu pagi, sebelum tempat ibadah itu diresmikan.

Sebagai informasi, konflik GKI Yasmin atau dikenal dengan nama GKI Pengadilan Bogor ini dimulai tahun 2007 sejak satu tahun pasca Walikota Bogor kala itu Diani Budiarto mengeluarkan IMB gereja tersebut.

Baca Juga: LINK NONTON Teluh Darah, Serial Horor Tentang Teror Ilmu Hitam

Gereja yang kala itu berlokasi di Jalan KH Abdullah Bin Nuh Nomor 31, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor ditolak warga sekitar hingga berujung konflik dan sengketa.

Konflik ini pun sampai ke pemerintahan pusat, bahkan para jemaat sempat menggelar ibadah di depan Istana sebagai bentuk penyampaian aspirasi permasalahan mereka agar di dengar pemerintah pusat.

Dan kini mereka sudah memiliki tempat ibadah baru yang berlokasi di jalan KH Abdullah bin Nuh, di kawasan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat yang dibangun sejak tahun 2021.

 

 

 

Dapatkan informasi lainnya dari kami di Google News

Berita Terkait