DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Di Bawah Terik Matahari, Ribuan Anggota Masyarakat Antusias Saksikan Upacara Peringatan TNI AU

image
Ribuan Anggota Masyarakat Saksikan Upacara Peringatan TNI AU di Jakarta.

ORBITINDONESIA.COM – Ribuan anggota masyarakat di bawah terik matahari antusias menyaksikan langsung upacara peringatan ke-77 TNI AU, di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Minggu 9 April 2023.

Warga dari berbagai tempat berdatangan melihat berbagai atraksi udara dan di darat oleh prajurit TNI AU.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono selalu Inspektur yakin, dengan bekal professional dan modern, TNI AU mampu menjadi angkatan udara disegani.

Baca Juga: Membedah Pemikiran Denny JA tentang Kitab Suci di Pesantren Kampung Al Quran Pamijahan Bogor Jawa Barat

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Acara ini menampilkan parade dan defile dari ribuan prajurit dan PNS TNI AU, juga dimeriahkan drumband dari taruna, demo udara dan darat. serta kombinasi keduanya.

Dalam demo udara, 82 pesawat berbagai jenis bermanuver dan bersimulasi pertempuran udara.

Sebanyak 14 pesawat tempur F-16 terbang formasi membentuk angka 77, sedangkan 4 Sukhoi SU-27/30 terbang formasi Box Formation dan Bomb Burst.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Sebanyak 4 pesawat T-50i  dan 1 F-16 melaksanakan Bomb Burst, sedangkan  2 pesawat T-50i dan 1 F-16  melaksanakan simulasi Dog Fight.

Sebanyak 6 pesawat tempur EMB-314 Super Tucano membentuk Arrow Formation dan 2 pesawat lainnya menjalankan misi Close Air Support (CAS).

Demo udara lainnya adalah 4 CN-295/235 dan 4 C-212 Cassa terbang membentuk Box Formation.  3 pesawat  Boeing 737 dan 2 Falcon 7X/8X membentuk 2 V Formation.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Sebanyak 9 C-130 Hercules membentuk 3 V Formation dan 2 lainnya melaksanakan misi penerjunan prajurit Kopasgat,  sedangkan 1 CN-295 menerjunkan pasukan Dalpur Kopasgat.

Sebanyak 1 helikopter EC-725 Caracal dan 1 NAS-332 Super Puma melakukan terbang Giant Flight dan melaksanakan misi Combat SAR dengan metode Air Landed prajurit Kopasgat.

Empat helikopter EC-120B membentuk formasi dan satu lainnya menjalankan misi pembebasan sandra (Basra) Kopasgat.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Enam pesawat KT-1B Jupiter Aerobatic Team menampilkan berbagai manuver indah yang dikolaborasikan dengan narasi wayang Pandawa Boyong yang memperoleh apresiasi dari Yudo Margono dan tamu undangan, serta masyarakat yang menonton demo udara.

Adapun demo darat menampilkan berbagai simulasi pertempuran darat oleh prajurit Kopasgat TNI AU, di antaranya penerjunan Free Fall prajurit Kopasgat, Pengendalian Pertempuran (Dalpur), Pembebasan Sandra (Basra), Tindakan Keamanan (Tinkam), Tembak Depan, dan Combat Sar. Demo darat menampilkan berbagai persenjataan Pasgat dan sejumlah kendaraan khusus dan kendaraan taktis Kopasgat. ***

Berita Terkait