DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ini Jadwal Sidang Isbat Kementerian Agama untuk Tentukan Hari Raya Idul Fitri 2023

image
Jadwal sidang Isbat oleh Kemenag akan dilakukan pada 20 April 2023

ORBITINDONESIA.COM – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 2023.

Mengingat memasuki Jumat, 14 April 2023 sudah memasuki akhir bulan Ramadhan tahun ini dan segera menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023.

Muslim di Indonesia pastinya tahu tentang jadwal sidang Isbat yang akan diselenggarakan untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 2023 mendatang.

Baca Juga: Mereview Pemikiran Denny JA tentang Agama Menjadi Warisan Kultural Milik Bersama

Menurut situs resmi Kemenag RI, sidang Isbat akan dilaksanakan pada Kamis, 20 April 2023.

Adapun pelaksanaan sidang Isbat akan dilakukan secara tertutup di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, di Kota Jakarta.

Jalannya sidang Isbat akan dipimpin oleh Ketua MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam dan tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Baca Juga: Astaga! Mayat Bayi Dibuang di Ember Toilet Pabrik di Bekasi Jawa Barat

"Sebagaimana biasa, Sidang Isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadhan." ungkap Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag, Kamaruddin Amin.

"Tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023," lanjut Kamaruddin Amin di Jakarta, Kamis, 13 April 2023.

Kamaruddin Amin mengatakan, sidang isbat akan diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Baca Juga: PENAK TENAN! Warga Jawa Tengah yang Merantau di Sumatra Mudik Gratis Bersama Ganjar Pranowo

Berdasarkan data hisab yang sudah dikumpulkan, pada hari Kamis, 29 Ramadan 1444H / 20 April 2023 M, posisi hilal saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk.

Dengan ketinggian antara 0° 45' (0 derajat 45 menit) sampai 2° 21,6' (2 derajat 21,6 menit) dengan sudut elongasi antara 1° 28,2' (1 derajat 28,2 menit) sampai dengan 3° 5,4' (3 derajat 5,4 menit).

Untuk menentukan hari raya Idul Fitri tahun 2023 ini juga akan dilakukan pemantauan Hilal dari beberapa daerah Indonesia.

Baca Juga: Didin S Damanhuri: Nusantaranomics Adalah Ekonomi Lokal yang Memiliki Resiliensi Tanpa Bantuan Pusat

“Hasil hisab dan rukyatul hilal ini akan dibahas dalam sidang isbat untuk kemudian ditetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal. Jadi kapan Hari Raya Idulfitri, kita masih akan menunggu keputusan sidang isbat,” ujar Kamaruddin.

Dengan hasil pengumpulan data ini hasil keputusan hari raya Idul Fitri akan diumumkan secara live saat konferensi pers.

Sebelumnya masyarakat Indonesia bersuka cita menyambut bulan suci Ramadhan di tahun 2023 dengan melaksanakan ibadah puasa.

Baca Juga: BRI Liga 1: Prediksi dan Link Streaming Arema FC Melawan Bhayangkara FC, Saling Jegal Demi Tiga Poin Terakhir

Banyak dari masyarakat Indonesia yang melakukan amal ibadah di bulan puasa Ramadhan dengan memperbanyak membaca Al-Quran dan I’Tikaf di masjid.***

Dapatkan beragam informasi dan artikel lainnya dari OrbitIndonesia.com di Google News.

Berita Terkait