DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

7 Film Indonesia dengan Tema Emansipasi Wanita, Cocok Sebagai Refleksi Peringatan Hari Kartini

image
7 Film Indonesia dengan Tema Emansipasi Wanita, Cocok Sebagai Refleksi Peringatan Hari Kartini

ORBITINDONESIA.COM- Hari Kartini yang selalu diingat pada 21 April 2023, bisa kamu rayakan salah satunya dengan menonton film.

Berikut 7 film yang bisa kamu tonton pada Hari Kartini dengan tema emansipasi wanita atau perjuangan perempuan yang memperjuangkan haknya.
 
Dengan menonton film tema emansipasi wanita ini, akan menjadi refleksi pada momentum peringatan Hari Kartini.

Baca Juga: Lebih dari 60 Negara Tetapkan Idul Fitri 21 April, Cuma 4 Negara Asia Tenggara Pilih 22 April

Film Indonesia dengan tema emansipasi wanita ini akan meningkatkan kesadaran orang Indonesia tentang hak perempuan yang masih banyak belum terpenuhi.


1. Before, Now and Then

Film yang dirilis pada tahun 2022 ini memang cocok untuk disebut sebagai film dengan tema emansipasi wanita yang bisa disaksikan pada hari Kartini.

Film Before, Now and Then ini diadaptasi dari novel karangan Ahmad Imran dengan judul asli Jais Darga Namaku.

Menceritakan tentang seorang perempuan bernama Raden Nana Sunani harus hidup dalam pernikahan bersama seorang pria kaya yang hobi mengawini perempuan lain dan memperlakukannya dengan buruk.

Baca Juga: Profil Lengkap Sony Setiadi, Pendiri Relawan Anies Baswedan Penyuap Yana Mulyana, Proyek Bandung Smart City
 
Dibintangi oleh Laura Basuki, Happy Salma, Arswendy Bening Swara dan Ibnu Jamil memberikan penampilan akting yang memukau hingga meraih banyak penghargaan.

2. Yuni

Masih disutradarai oleh Kamila Andini dan kali ini di film Yuni dia membicarakan tentang pelecehan seksual yang masih marak terjadi di masyarakat Indonesia.

Bercerita tentang seorang gadis bernama Yuni yang hidup di dalam budaya yang konservatif dan memiliki mimpi yang besar namun harus terhalang karena budaya patriarki yang ada.

Baca Juga: Inilah Deretan Negara yang Menetapkan 1 Syawal 1444 H atau Idul Fitri pada 21 April 2023, Ada Arab Saudi

Film ini berhasil memenangkan banyak penghargaan internasional dan berhasil menjadi jawara di Festival Film Indonesia 2021.

 

3. Penyalin Cahaya

Shenina Cinnamon, Lutesha, Chicco Kurniawan hingga Jerome Kurnia dan Giulio Parengkuan menjadi bintang dalam film ini dan berhasil memukau penonton.

Bercerita tentang seorang perempuan yang berusaha untuk mendapatkan keadilan setelah perbuatan pelecehan seksual yang dideritanya.

Baca Juga: Daftar Ucapan dan Quotes RA Kartini yang Menginspirasi Perempuan pada Tanggal 21 April 2023

Film yang menyuarakan tentang keadilan gender ini berhasil tayang di Festival Film Internasional Busan dan mendapatkan banyak penghargaan.

 

4. Berbagi suami

Tayang di tahun 2006, film Berbagi suami dengan gamblang menceritakan tentang kehidupan ironis istri yang dipoligami oleh suami.

Tiga orang perempuan Salma, Siti dan Ming harus hidup bersama satu suami dengan dinamika keluarga dan starta sosial yang membuat kehidupan rumah tangga tidak adil.

5. Perempuan punya Cerita

Film Perempuan punya cerita tayang di tahun 2007 dan disutradarai oleh Upi Avianto dan terbagi menjadi 4 cerita pendek.

Cerita pendek ini mempunyai jalan ceritanya masing-masing dengan pesan moral yang dapat diambil dari perjuangan para perempuan.

 

6. Sokola Rimba

Prisia Nasution berperan menjadi seorang guru bernama Butet Manurung di desa pedalaman yang tidak tersentuh oleh pendidikan.

Butet yang ingin mengajarkan anak di desa pedalaman ini tidak mudah, karena menurut kepercayaan mereka dengan belajar membaca dan menghitung akan membawa malapetaka bagi mereka.

 

7. Athirah

Ibunda Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Athirah Kalla mempunyai kisah hidup sangat menginspirasi dalam mempertahankan keutuhan keluarganya.

Athirah diperankan oleh Cut Mini yang menolak keinginan suaminya untuk berpoligami hingga perjuangannya pun berbuah manis.

Itulah daftar film Indonesia dengan tema emansipasi wanita yang bisa ditonton pada hari Kartini.

Ada banyak cara lain untuk mengenang dan mengingat gagasan pemikiran Kartini, salah satunya dengan membaca buku-buku tentang Kartini.***

Dapatkan informasi menarik lainnya dari ORBITINDONESIA.COM di Google News

Berita Terkait