DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Mengenal Agama Scientology yang Dianut Tom Cruise dan John Travolta

image
Tom Cruise, aktor Hollywood penganut Scientology

ORBITINDONESIA.COM - Scientology adalah seperangkat keyakinan dan praktik keagamaan yang diciptakan oleh penulis fiksi ilmiah Amerika L. Ron Hubbard pada awal 1950-an.

Sistem kepercayaan Scientology didasarkan pada gagasan bahwa manusia pada dasarnya adalah makhluk spiritual yang disebut "thetans" yang telah hidup melalui kehidupan lampau dan saat ini terperangkap dalam tubuh manusia.

Penganut Scientology percaya bahwa melalui penggunaan teknik dan praktik tertentu, mereka dapat melepaskan diri dari pengaruh spiritual negatif dan trauma dari kehidupan masa lalu, dan mencapai keadaan pencerahan dan kebebasan spiritual.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Selain Indonesia, Ini Daftar Lengkap Negara yang Berlebaran 1 Syawal 1444 H pada Sabtu, 22 April 2023

Mereka juga percaya bahwa mereka dapat membantu orang lain mencapai keadaan ini dengan menyebarkan ajaran Scientology dan memberi mereka konseling dan pelatihan spiritual.

Kritik terhadap Scientology telah menyuarakan keprihatinan tentang praktik organisasi, termasuk dugaan taktik penjualan tekanan tinggi, sifat rahasia dan pengendaliannya, dan perlakuannya terhadap mantan anggota. Beberapa juga mengkritik ajarannya sebagai pseudoscientific dan penipuan.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Ada beberapa orang terkenal yang secara terbuka diidentifikasi sebagai penganut kepercayaan ini. Antara lain:

Tom Cruise, seorang aktor Amerika yang dikenal karena perannya dalam film seperti "Top Gun", "Mission: Impossible", dan "Jerry Maguire".

Baca Juga: Inilah Deretan Negara yang Menetapkan 1 Syawal 1444 H atau Idul Fitri pada 21 April 2023, Ada Arab Saudi

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

John Travolta, seorang aktor Amerika yang dikenal karena perannya dalam film seperti "Grease", "Pulp Fiction", dan "Saturday Night Fever".

Kirstie Alley, seorang aktris Amerika yang dikenal karena perannya dalam acara TV seperti "Cheers" dan "Veronica's Closet."

Juliette Lewis, seorang aktris Amerika yang dikenal karena perannya dalam film seperti "Cape Fear", "Natural Born Killers", dan "From Dusk until Dawn".

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Elisabeth Moss, seorang aktris Amerika yang dikenal karena perannya dalam acara TV seperti "The Handmaid's Tale" dan "Mad Men." Perlu dicatat bahwa sementara orang-orang ini dikenal sebagai penganut Scientology, tidak semua penganut terbuka pada publik tentang kepercayaan mereka.***

 

Berita Terkait