DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Motif Bendera Majapahit Menginspirasi Dunia

image
Bendera Majapahit dan Sriwijaya

ORBITINDONESIA - Bung Karno menyebut bahwa merah diambil dari warna darah dan putih diambil dari warna getah yang tumbuh dari bumi, berdasarkan pada nama panji kebesaran Majapahit, Getih Getah Samudra.

Di Indonesia mewujud menjadi Sang Saka Merah Putih. Bendera Majapahit tersebut memiliki corak 5 garis merah dan 4 putih horizontal yang sama lebar. Bermula dengan garis merah dan berakhir dengan garis merah yang melambangkan Nusantara dan sumpah palapa.

Bendera Majapahit ini masih berkibar digunakan TNI-AL dalam Kapal Republik Indonesia (KRI) sebagai bendera maritim, dengan nama panji ular-ular perang.

Baca Juga: Pendidik dan Pemahaman Agama, Terkait Kasus Pemaksaan Jilbab

Tak hanya itu saja, bendera ini juga sukses mencuri perhatian banyak negara yang terinspirasi memakai motif yang sama dengan Majapahit. Beberapa negara pun sampai menggunakan rancangan bendera yang terinspirasi dari bendera Majapahit tersebut.

Beberapa negara tersebut menambahkan corak khas majapahit dengan lambang negara mereka sendiri.

East India Company Inggris (1685-1707).

East India Company Inggris (1707-1801).

Baca Juga: Joe Biden Tandatangani Dokumen Ratifikasi AS Tentang Keanggotaan NATO Untuk Swedia, Finlandia

Amerika Serikat (1775-1777).

Malaysia (1950/1963).

Lantas sebenarnya bagaimana sejarah, dan makna penting bendera Majapahit, sampai banyak negara terinspirasi menggunakannya

Getih Getah, yang melambangkan panji kemenangan pasukan Raden Wijaya (pendiri Majapahit). Dalam pertempuran pertama melawan pasukan Dinasti Yuan dari Tiongkok.

Baca Juga: Riset Ilmiah: Orang Ternyata Memilih Teman yang Baunya Sama Seperti Mereka

Bendera Getih Getah pertama kali berkibar saat peristiwa bersejarah di Surabaya 31 Mei 1293. tercatat dalam Prasasti Butak dengan angka 1293M. Piagam Merah Putih adalah nama lain Prasasri Butak.

Pada pertempuran pertama, pasukan Raden Wijaya berhasil memukul mundul 3.000 pasukan Dinasti Yuan. Ike Mese pimpinan pasukan Mongol, tewas di tangan Raden Wijaya.

Pasukan Raden Wijaya berhasil memukul mundur pasukan Mongol keluar dari Pulau Jawa. Kekalahan pasuka Mongol tercatat dan terus dikenang dalam sejarah Tiongkok.

Majapahit kemudian menjelma menjadi kerajaan yang berhasil menyatukan nusantara sampai Asia di bawah panji Surya Majapahit.

Baca Juga: Robert B Reich: Beyond Outrage, Apa yang Salah dengan Ekonomi dan Demokrasi Kita

Hal ini membuat benderanya dikenal banyak wilayah kala itu, dan melambangkan penuh kemenangan bagi Majapahit

Sejak era Raden Wijaya hingga Hayam Wuruk majapahit terus mengalami kejayaan, dan terwujudnya Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Mahapatih Gajah Mada.

Oleh: Mbah Toyib. ***

Berita Terkait