DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Berpeci Hitam, Aktivis Muhammadiyah Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024

image
Aktivis Muhammadiyah deklarasi mendukung Ganjar Pranowo.

ORBITINDONESIA.COM – Kalangan aktivis Muhammadiyah yang tergabung dalam Gerakan Perserikatan Berkemajuan Sabtu 29 April 2023 di Jakarta mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2024.

Koordinator Nasional Relawan GP Berkemajuan Faozan Amar usai deklarasi di salah satu hotel di Menteng, Jakarta Pusat menyatakan, Indonesia ditakdirkan Tuhan sebagai negara yang penuh dengan kebinekaan, baik dari segi suku, agama, ras, dan antargolongan dengan  wilayah yang sangat luas dan penduduknya yang besar.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

“Semua itu merupakan suatu anugerah sekaligus peluang yang sangat besar untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara yang maju, berdaulat, adil dan makmur, sebagaimana telah dirumuskan dan dicita-citakan oleh para pendiri bangsa,” ujar Faozan.

Baca Juga: Pendukungnya Meneriakkan PRESIDEN Sewaktu Prabowo Tiba di Bandar Udara Minangkabau Sumatra Barat

Ia juga menilai Indonesia perlu dipimpin oleh pemimpin (rais) yang tidak hanya memahami ideologi negara  Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika, namun juga harus teruji pengalaman dan kerja nyatanya untuk memajukan bangsa dan negara di atas prinsip-prinsip gotong royong.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

“Pemimpin Indonesia haruslah seperti matahari yang menyinari tanpa diskriminasi, rahmatan lil alamin, dan berkesinambungan, mustamirun. Mampu mencerahkan, tanwir; menggerakkan, yataharak; dan melanjutkan, yukmil, pembangunan nasional menuju Indonesia yang berkemajuan, taqadam. Dan sosok itu ada pada Bapak Ganjar Pranowo,” katanya.

Aktivis Muhammadiyah yang tergabung dalam relawan Gerakan Perserikatan, Gerakan Pencerahan, Gerakan Pemenangan Berkemajuan atau GP Berkemajuan dengan baju putih dan peci hitam sepakat bergerak, berjuang bersama, mendukung dan memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden Republik Indonesia Periode 2024-2029.

“Tentu seraya kami semua berdoa semoga Allah SWT meridai perjuangan kami semua. Aamiin yaa rabbal ’aalamiin,” tambah Faozan.

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

Menurut dia, deklarasi di Jakarta ini adalah langkah awal. Deklarasi lanjutan akan dilaksanakan oleh warga masyarakat di daerah yang juga memiliki komitmen yang sama.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

Sekarang ini, ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. ***

Berita Terkait