DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Usai Dipecat dari Polri, KPK Mulai Kuliti Data Keuangan dan Aset AKBP Achiruddin Hasibuan

image
AKBP Achiruddin Hasibuan dengan sepeda motor Harley Davidson.

ORBITINDONESIA.COM – Sudah jatuh tertimpa tangga. Data aset dan keuangan milik AKBP Achiruddin Hasibuan mulai dikuliti oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, institusinya berkoordinasi dengan Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri untuk memperoleh data-data milik Achiruddin.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

"Sedang kumpulin data dan informasi keuangan, properti, kendaraan dan lain-lain, dan koordinasi dengan Itwasum Polri," kata Pahala dalam keterangannya di Jakarta Rabu 3 Mei 2023.

Baca Juga: Jalan Rusak Diperbaiki Jokowi, Warga Liang Melas Datas Kabupaten Karo Syukuran Sambil Berkonvoi di Jalan

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan indikasi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dijalanka Achiruddin Hasibuan.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Lalu, PPATK memblokir rekening Achiruddin Hasibuan anaknya, Aditya Hasibuan alias AH yang bernilai puluhan miliar rupiah.

"Ada indikasi tindak pidana pencucian uang dari dua rekening itu. Ada puluhan miliar," ungkap Koordinator Kelompok Hubungan Masyarakat PPATK Natsir Kongah, Jumat 28 April 2023.

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Achiruddin Hasibuan menjadi sorotan usai penganiayaan Aditya Hasibuan kepada Ken Admiral viral.

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

LHKPN miliknya dicurigai janggal, karena tak mengalami perubahan selama 10 tahun.

Dari laman elhkpn.kpk.go.id, tercatat hanya ada dua LHKPN milik Achiruddin, yakni pada periodik 2011 dan 2021. Meski berjarak 10 tahun, nilai harta kekayaannya tidak berubah yaitu Rp 467.548.644.

Adapun harta yang dilaporkan Achiruddin yakni tanah seluas 566 m2 di Medan dengan nilai Rp46.330.000. Kemudian untuk alat transportasi dia melaporkan memiliki Toyota Fortuner Minibus Tahun 2006 dengan nilai Rp370.000.000, serta kas dan setara kas senilai Rp51.218.644.

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

Harta yang dilaporkan Achiruddin diduga tak sesuai. Di media sosial banyak unggahan tentang aset yang diduga milik Achiruddin namun tidak tercantum di LHKPN. ***

Berita Terkait