DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Saidiman Ahmad SMRC: Gibran dan PSI Punya Kecocokan

image
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

 

ORBITINDONESIA.COM – Peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad berpandangan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memiliki kecocokan dalam merepresentasikan generasi muda.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

"PSI adalah partai politik baru yang secara sadar menyasar kelompok pemilih muda. Ini cocok dengan sosok Gibran yang juga muda dan terlihat inovatif,” ujar Saidiman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa 16 Mei 2023.

Selain itu, Saidiman juga menyoroti gagasan Jokoisme PSI. Ia menjelaskan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akrab disapa Jokowi sekarang populer.

Baca Juga: SMRC: PDIP 28,2 Persen, Gerindra 15,3 Persen, dan Golkar 8 Persen

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Saidiman melanjutkan tingkat kepuasan publik pada kinerja Jokowi sangat tinggi, yakni di atas 75 persen, bahkan mencapai 80 persen.

"Jokowi berhasil dalam banyak aspek pembangunan ekonomi. Karena itu banyak partai yang ingin mengasosiasikan diri dengan keberhasilan ini, salah satunya dengan membawa semangat Jokowi," ujar Saidiman.

Saidiman menilai PSI sampai sekarang sangat setia dengan Jokowi. Dukungan PSI kepada Jokowi bukanlah hal baru.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Pada puncak acara musyawarah rakyat (musra) relawan Jokowi, kader PSI juga terlihat hadir dan menempati tempat duduk di jajaran depan.

"Dan saya melihat PSI memang sejak awal menjadi partai loyalis Jokowi yang sangat konsisten, bukan sekarang ini saja, tapi sejak Pemilu 2019," kata Saidiman. ***

Berita Terkait