DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Susan M Weinschenk: Panduan Penting untuk Setiap Desainer dari Seorang Psikolog Perilaku

image
Buku karya Susan M Weinschenk

ORBITINDONESIA - Setiap desainer perlu membaca buku 100 Things Every Designer Needs to Know About People (2011) karya psikolog Susan M Weinschenk.

Buku Susan M Weinschenk ini menunjukkan, melalui penelitian dan contoh dunia nyata, betapa pentingnya bagi desainer untuk memahami, antara lain, bagaimana orang membuat keputusan dan bagaimana memori adalah bagian penting dari desain yang baik.

Susan M Weinschenk adalah seorang psikolog perilaku yang telah menggunakan keahliannya di bidang desain dan pengalaman pengguna selama 30 tahun terakhir. Dia juga bertanggung jawab atas whatmakesthemclick.net, sebuah blog populer. Buku ini adalah yang kedua.

Baca Juga: Bryan Mattimore: 21 Days to a Big Idea, Menciptakan Konsep Bisnis Terobosan

Mengapa Anda harus peduli? Pelajari apa yang membuat desain yang bagus menjadi bagus.

Ketika Anda memikirkan desain yang hebat, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Mungkin sesuatu yang menarik perhatian Anda, menyimpannya, dan terjebak dengan Anda untuk waktu yang lama.

Baik itu iPhone atau salah satu kursi mies van der Rohe yang terkenal, objek yang dirancang dengan baik mudah dikenali dan mudah diingat. Jadi, bagaimana Anda membuat desain yang benar-benar hebat?

Nah, Anda harus mulai dengan mencari tahu mengapa sesuatu membuat kita merasakan sesuatu dan kemudian tetap bersama kita. Untuk melakukan itu, Anda harus mencari tahu bagaimana orang bekerja.

Baca Juga: Taklukkan Vietnam di Final, Timnas Indonesia Juarai Piala AFF U16 2022

Di sini, kita akan berbicara tentang bagaimana mata kita bekerja, mengapa kita mengingat sesuatu, dan fungsi kognitif otak lainnya. Ini adalah hal-hal yang harus diketahui oleh setiap desainer, baik mereka baru memulai atau memiliki banyak pengalaman.

Dalam ringkasan ini, Anda akan menemukan: Mengapa pola membantu kita mencari tahu apa yang kita lihat. Bagaimana cerita adalah cara yang bagus untuk membantu orang mengingat sesuatu; dan mengapa Anda harus mendesain dengan mempertimbangkan orang-orang.

Gagasan kunci dari buku ini: Penting untuk memikirkan bagaimana pikiran orang bekerja saat membuat produk.

Psikologi manusia harus didahulukan ketika membuat produk yang baik, karena itu mempengaruhi segalanya mulai dari bagaimana kita melihat hingga bagaimana kita mengingatnya hingga bagaimana kita membuat keputusan tanpa menyadarinya.

Baca Juga: Bocor, ONEUS Comeback September Mendatang dengan Bawa Album Baru

Desain Anda harus dibuat untuk orang-orang yang ingin Anda jangkau dan berkomunikasi dengan baik dengan mereka.

Saran yang dapat Anda gunakan: Buat desain Anda sedikit kurang dapat diprediksi. Ketidakpastian membuat orang membuat lebih banyak dopamin, yang membuat mereka lebih cenderung melakukan perilaku yang membuat mereka merasa baik lagi.

Anda tidak pernah tahu siapa yang akan me-retweet atau membalas Anda, itulah yang membuat aplikasi seperti Twitter begitu menarik dan sulit untuk dihentikan penggunaannya.

Jadi, penting untuk menambahkan fitur tak terduga seperti isyarat suara saat pengguna menggunakan produk Anda. Ini akan membuat mereka kembali.

Sumber: Aplikasi Buku Pintar AHA

Editor: Satrio Arismunandar ***

 

Berita Terkait