DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Berkinerja Anggaran Baik, Yasonna H. Laoly Kemenkumham Raih Penghargaan dari Sri Mulyani Kemenkeu

image
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly (tengah) menerima piagam penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani.

ORBITINDONESIA.COM - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Rabu 17 Mei 2023 di Jakarta meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) karena memiliki kinerja anggaran yang baik sepanjang 2022.

Kinerja anggaran Kemenkumham menempati posisi kedua setelah Kemenkeu pada kategori Kementerian/Lembaga (K/L) pagu besar.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dalam Rakornas Pelaksanaan Anggaran tahun 2023 di Ballroom Dhanapala, Kemenkeu Jl. Senen Raya No. 1, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Dibenahi Ibnu Chuldun, Iwan Santoso Irwil III: Layanan Publik Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Luar Biasa

Dalam siaran pers yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun kepada OrbitIndonesia, Yasonna mengatakan, Kemenkumham selalu meningkatkan kinerja dan kualitas belanja negara untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

"Penghargaan kinerja anggaran terbaik menunjukkan tata kelola anggaran Kemenkumham yang semakin baik dari waktu kewaktu, serta terfokus untuk pelayanan kepada masyarakat dan juga harus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Yasonna, didampingi Sekretaris Jenderal Komjen Andap Budhi Revianto.

Untuk menunjang pengelolaan anggaran yang berkualitas dan bebas dari penyimpangan, Kemenkumham telah menjalankan banyak langkah.

"Aspek pertama yang Kemenkumham perkuat adalah integritas dan kompetensi SDM pengelola keuangan agar kualitas pelaksanaan anggarannya bagus," katanya.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Kemenkumham terus berkoordinasi dengan Kemenkeu guna meningkatkan aspek-aspek kinerja anggaran.

Menkumham berharap pemberian penghargaan kinerja anggaran terbaik dapat mendorong semua K/L untuk mengelola APBN sesuai peruntukkanya demi Indonesia yang lebih maju dan makmur.

Adapun penilaian terhadap kinerja anggaran K/L merupakan gabungan dari Evaluasi Kinerja Anggaran dan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran, yang terdiri dari 3 aspek (Kualitas Perencanaan Anggaran, Kualitas Pelaksanaan Anggaran dan Kualitas Hasil Pelaksanaan Anggaran) dan 8 indikator. Kemenkumham mendapatkan penghargaan pada kategori pagu besar bersama Kementerian Keuangan dan Kepolisian RI. ***

Berita Terkait