DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

SEA Games 2023: Media Vietnam Sebut Final Indonesia Melawan Thailand Paling Kotor Sepanjang Masa

image
Media Vietnam menyoroti pertandingan final SEA Games antara TImnas Indonesia melawan Thailand sebagai final paling kotor sepanjang masa

 

ORBITINDONESIA.COM – Duel antara Timnas Indonesia melawan Thailand yang diwarnai dengan 7 kartu merah ini dianggap sebagai partai final SEA Games paling kotor sepanjang masa.

Hal ini menjadi sorotan sebuah media di Vietnam, Zingnews, setelah 7 kartu merah keluar dari saku wasit dalam laga yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh Selasa 16 Mei 2023 lalu

“Pada Selasa tanggal 16 Mei malam, tim U-22 Thailand dan Indonesia menyuguhkan salah satu final paling sengit dalam sejarah SEA Games,” tulis Zingnews.

Baca Juga: SEA Games 2023: Songchai Thongcham Kena Karma Karena Ucapannya Tidak Menjadi Kenyataan

Zingnews menuliskan bahwa tujuh kartu merah ini adalah yang terbanyak dari laga yang dimainkan Timnas Indonesia dan Thailand di ajang serupa edisi sebelumnya.

Misal pada semifinal sepak bola putra SEA Games 1977 di Malaysia dimana wasit Othman Omar mengeluarkan dua pemain Timnas Indonesia karena melakukan kekerasan terhadap rivalnya.

Pertandingan tersebut dihentikan pada menit ke-60 ketika skor sama kuat 1-1 karena perkelahian antara pemain dari kedua kubu,

Baca Juga: Profil Lengkap Indra Sjafri Bersama Timnas Indonesia: Perjalanan Karir dan Prestasi dari AFF hingga SEA Games

Komite Disiplin menemukan Indonesi bersalah karena kekerasan dan memberikan kemenangan kepada Thailand sebagai sanksi tegas untuk Indonesia.

Kemudian pada SEA Games ke-31 tahun lalu, dimana Timnas Indonesia dan Thailand juga melakoni pertandingan kotor yang diwarnai empat kartu merah.

Dalam laga tersebut, Indonesia mendapatkan tiga kartu merah sedangkan Thailand mendapatkan satu kartu merah.

Baca Juga: Netizen: Dikasih Skor 2-1 oleh Timnas Indonesia, Thailand Malah Minta 5-2 di Final Sepak Bola SEA Games 2023

“Namun, kerasnya pertandingan semifinal SEA Games tahun lalu tidak bisa dibandingkan dengan final SEA Games tahun ini,” tulis Zingnews.

Selain perkelahian antar pemain, manajer Timnas Indonesia pun mendapatkan bogem mentah dari ofisial Thailand yang berujung kericuhan di pinggir lapangan.

“7 kartu merah dan 11 kartu kuning di final SEA Games 2023 ini juga menjadi rekor jumlah kartu di final sepak bola putra sejak pesta olahraga regional SEA Games ini menrapkan batas usia usia U22 atau U23," sambung Zingnews.

Baca Juga: Tertinggal di Bandara, Pertanda Sial Real Madrid Jelang Laga Kontra Manchester City di Leg 2 Liga Champions

Sebelumnya tidak ada final tingkat nasional atau internasional yang memiliki kartu merah dan kuning sebanyak partai Timnas Indonesia melawan Thailand dii Final SEA Games 2023.

Jumlah kartu ini mendepakti pertandingan antara Belanda melawan Argentina pada perempat final Piala Dunia 2022 dimana wasit harus keluarkan 19 kartu dan menjadi rekor dalam sejarah Piala Dunia

Sementara pertandingan antara Timnas Indonesi melawan Thailand dimenangkan oleh Indonesia dengan skor 5-2 lewat perpanjangan waktu setelah imbang 2-2 di waktu normal

Baca Juga: Konser Coldplay di Jakarta Disebut Sebarkan Gerakan LGBTQ, Mahfud MD Bilang Begini!

Gol-gol kemenangan Indonesia masing-masing dicetak oleh Ramadhan Sananta (21’, 45+6’), Irfan Jauhari (92’), Fajar Fathurahman (107’), dan Beckham Putra (120+1).

Ada pun gol Thailand dicetak oleh Anan Yodsangwal (65’) dan Yotsakorn Burapha (90+10’).

Kemenangan atas Thailand sangat berarti untuk Indonesia. Pasalnya, timnas Indonesia berhasil mengakhiri penantian juara SEA Games selama 32 tahun.

 

 

 

 

Dapatkan informasi lainnya dari kami di Google News

Berita Terkait