DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Simak Sejarah Lengkap Hari Korps Veteran Cacat Indonesia yang Diperingati 19 Mei 2023

image
Ilustrasi, Hari Korps Veteran Cacat Indonesia yang diperingati setiap tanggal 19 Mei.

ORBITINDONESIA.COM - Hari penting nasional yang akan diperingati pada 19 Mei 2023 besok adalah Hari Korps Veteran Cacat Indonesia.

Hari Korps Veteran Cacat Indonesia ditetapkan pada 19 Mei 2023 dengan tujuan untuk menghormati perjuangan tentara kemerdekaan melawan penjajah di masa lalu.

Penetapan Hari Korps Veteran Cacat Indonesia tidak terlepas dari pesan Presiden Soekarno yang menyebut, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Baca Juga: Bocoran Sinopsis Drama Korea The Good Bad Mother Episode 8, Young Soon Putus Asa dan Ingin Bunuh Diri

Setiap tanggal 19 Mei 2023 diperingati dengan mengenang dan mengucapkan terima kasih secara mendalam kepada para tentara veteran yang berjasa mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dilansir situs Kementerian Pertahanan (Kemhan), Veteran Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah.

Mereka berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain atau gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Baca Juga: Lempar Medali dan Boneka ke Penonton, Jonathan Khemdee Dilarang Tampil di SEA Games Untuk Selamanya

Selain itu veteran cacat memiliki definisi lanjutan di mana, mereka adalah orang-orang yang menderita cacat fisik, jasmani/rohani yang terjadi selama perjuangan para veteran.

Untuk menghargai perjuangan para veteran inilah, pemerintah akan memberi santunan dan tunjangan untuk para pejuang kemerdekaan ini.

Pemerintah juga akan memberi bantuan berupa alat bantu tubuh sebagai bentuk penghargaan bagi para pejuang veteran.

Baca Juga: Terima Ribuan Aduan Jalan Rusak, Presiden Jokowi Bergerak Cepat

Pemberian tunjangan dan alat bantu tubuh ini tertuang dalam peraturan PP Nomor 22 tahun 1994.

Veteran yang mengalami kecacatan juga diberi beberapa golongan dan tingkat yang berbeda.

Tingkat kecacatan ini akan diputuskan lewat uji klinis berdasarkan indikasi medis yang akan memperlihatkan seberapa parah cedera yang dialami oleh veteran.

Baca Juga: Ada di Manado, Ganjar Pranowo: Bu Mega Berpesan agar Mampir ke PPP

Sedangkan golongan kecacatan akan ditentukan dengan penyebab kecacatannya dan dibuktikan dengan penelitian adminstrasi keveteranan.

Penentuan tingkat kecacatan dan golongan kecacatan veteran Indonesia dilakukan pengujian dan penilaian oleh Panitia Evaluasi Kecacatan Veteran Republik Indonesia (PEKVRI), dengan prosedur sebagai berikut:

1. Veteran Republik Indonesia penyandang cacat mengajukan permohonan kepada Kakanminvetcad setempat
2. Kakanminvetcad menyeleksi kelengkapan persyaratan administrasi untuk selanjutnya diajukan ke Kababinminvetcaddam

Baca Juga: Komplotan Pencurian Kendaraan Bermotor di Jakarta dan Sekitarnya Ini Jual Hasil Curian ke Penadah di Lampung

3. Kababinminvetcad mengajukan ke Direktur Veteran Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan, untuk ditindaklanjuti proses pengevaluasian status kecacatan oleh PEKVRI yang selanjutnya ditetapkan tingkat kecacatan dan golongan kecacatan.

Itulah sejarah penetapan dan pengkategorian Hari Korps Veteran Cacat Indonesia demi menghargai dan mengingat jasa para pahlawan Indonesia.

Dengan menghargai jasa para veteran tentu akan mengingat betapa pentingnya pengorbanan mereka agar rakyat Indonesia bisa merdeka hingga hari ini.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Masuk Manado, Nama Nasaruddin Umar Disingung

Menghargai jasa para pahlawan tidak hanya bisa dilakukan dengan menyumbang secara materi namun juga bisa menjaga persatuan antara rakyat Indonesia.***

Dapatkan informasi menarik lainnya dari ORBITINDONESIA.COM di Google News.

Berita Terkait