DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

UIN KHAS Jember Segera Membangun Kampus Cabang di Lumajang, Cek Jurusan Favoritmu

image
UIN KHAS Jember Segera Membangun Kampus Cabang di Lumajang, Cek Jurusan Favoritmu

ORBITINDONESIA.COM- Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember bakal melebarkan saya dengan membuka cabang di Kabupaten Lumajang.

Rencana ini disambut baik oleh Pemkab Lumajang. UIN KHAS Jember rencana akan dibangun di Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro.

Berikut jurusan favorit UIN KHAS Jember di Lumajang yang bisa kamu pilih. Jadi kuliah tidak perlu jauh jauh lagi.

Baca Juga: Ahmad Muzani Gerindra: Erick Thohir Jadi Salah Satu Kandidat Cawapres Prabowo

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan, bahwa UIN KHAS telah mendapatkan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk penggunaan lahan seluas 100 hektare Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) di Lumajang.

Selain itu, Universitas tersebut dikabarkan akan menyediakan fakultas kehutanan dan peternakan.

Jurusan itu selaras dengan sejumlah potensi yang ada di Kecamatan Senduro, yaitu pengembangan perhutanan sosial.

Baca Juga: Playoff Liga Champion Asia: Prediksi dan Link Streaming Bali United Melawan PSM Makassar

"Perguruan tinggi ini satu konsep dengan perhutanan sosial. Jadi konsepnya perhutanan sosial ini menjadi bagian tak terpisahkan dari praktek dan bagaimana pengembangan metodologi akademiknya," katanya, dikutip dari laman resmi Pemkab Lumajang, Selasa 6 Juni 2023.

Thoriq berharap, pembangunan UIN KHAS Jember di Lumajang bisa representatif, menjadi kampus yang betul-betul sarana dan infrastrukturnya memadai.

"Kalau ini terus berjalan, dan sekarang mulai kita tata, ini akan saling support dan percepatannya akan luar biasa," katanya.

Baca Juga: Dr HM Amir Uskara: Bung Karno, Tito, dan Ekonomi Pancasila

Menurut Cak Thoriq, keberadaan kampus tersebut, berpotensi dapat meningkatkan Index Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lumajang yang masih tergolong rendah.

Bahkan, peningkatan akses pendidikan itu, nantinya juga akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Dengan adanya kampus akan ada banyak pertumbuhan ekonomi yang secara tidak langsung itu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kampus, misalnya kos, laundry, fotocopy maupun warung," jelasnya.***


Dapatkan informasi menarik lainnya dari ORBITINDONESIA.COM di Google News.

 

Berita Terkait