DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Tindakan Kita untuk Mewujudkan Hidup yang Bersih dari Limbah Plastik

image
Limbah plastik yang sudah dicacah. Menjadi bahan baku aspal plastik.

ORBITINDONESIA.COM - Limbah plastik kini sudah menjadi masalah lingkungan serius. Pasalnya, limbah plastik ini sulit diurai karena ia bukan bahan organik.

Meskipun begitu, kita sebagai individu juga bida berperan penting dalam mengatasi limbah plastik ini.

Tindakan individu akan mendukung perubahan sistemik yang diperlukan, untuk bertransisi ke ekonomi yang tidak terlalu bergantung pada plastik. Kita masing-masing dapat menggunakan suara dan pilihan kita untuk mendorong perubahan.

Baca Juga: Playoff Liga Champion Asia: Gol Bunuh Diri Spasojevic Buyarkan Kemenangan Bali United

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Pertama, pastikan suara Anda didengar. Jika Anda melihat perusahaan menggunakan plastik yang tidak perlu (seperti buah penutup sekali pakai di toko bahan makanan), hubungi mereka di media sosial atau hubungi mereka secara langsung.

Kedua, biarkan uang Anda yang berbicara. Jika Anda memiliki dana pensiun, Anda mungkin secara tidak sengaja berinvestasi di industri yang tidak berkelanjutan. Mintalah manajer dana Anda untuk memindahkannya ke dana yang lebih bertanggung jawab.

Ketiga, beritahu politisi atau wakil Anda di DPR/DPRD bahwa Anda peduli dengan masalah ini dan mereka juga harus demikian, jika mereka menginginkan suara Anda.

Baca Juga: SETI Mencari Kehidupan Berakal di Luar Bumi.

Bicaralah dengan perwakilan lokal Anda tentang masalah ini. Minta mereka untuk menandatangani kota atau kota Anda ke Inisiatif Kota Cerdas Plastik, yang memobilisasi kota dan wilayah untuk mencegah kebocoran plastik ke lingkungan alam.

Bagikan solusi saat Anda menemukannya. Jika Anda menemukan solusi inovatif atau dengar tentang perusahaan rintisan yang menangani polusi plastik, beri tahu teman Anda dan promosikan inisiatif tersebut di media sosial.

Anda juga bisa jadi relawan dengan kelompok pembersih plastik lokal. Juga, berdonasilah ke badan amal yang bekerja untuk mengatasi krisis polusi plastik.***

 

Berita Terkait