DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

RENUNGAN: Belajar Dari Kesalahan Diri Sendiri

image
Ilustrasi proses belajar mengajar di kelas.

ORBITINDONESIA.COM -  Memang harus diakui bahwa manusia itu adalah makhluk yang tidak luput dari kesalahan. Artinya jika manusia berbuat salah adalah hal yang biasa. Tapi manusia bisa belajar dari kesalahannya.

Manusia adalah makhluk Allah yang diberikan akal dan pikiran untuk menerima kemudian belajar dari setiap kesalahan kesalahan yang diperbuat di masa lalu, sehingga tidak terperosok di lubang yang sama untuk kedua kalinya.

Dalam hidup ini, siapa yang tidak pernah berbuat salah? Bahkan seorang nabi dan orang-orang yang menjadi panutan kita pun nyatanya pernah berbuat kesalahan di kehidupannya. Yang penting adalah mau belajar dari kesalahan.

Baca Juga: FIFA Matchday: Kabar Buruk, Lionel Messi Tidak Akan Main Lawan Indonesia

Setiap manusia pasti pernah berbuat kesalahan. Tapi biasanya kita cenderung untuk menghindari berbuat salah bukan? Namun ternyata tidak semua kesalahan itu mesti kita hindari loh.

Terkadang kita membutuhkan kesalahan agar kita tahu letak kelemahan atau kekurangan kita itu sampai dimana.

Selain itu, kita juga mungkin akan mendapat pelajaran dan pengalaman yang tak akan pernah di dapat oleh orang-orang yang selalu benar dan selalu berhasil dalam kehidupannya.

Salah satu contoh pentingnya berbuat kesalahan dalam melakukan sesuatu. Misalnya, ketika Kamu mengalami kegagalan untuk mencapai tujuan karena berbuat kesalahan.

Baca Juga: Isti Nugroho: Tokoh Munafik yang Mengabaikan Idealisme

Pelajaran yang berharga yang akan kamu dapat adalah kamu bisa tahu bahwa cara yang selama ini kamu perjuangkan adalah cara yang gagal.

Sehingga di masa depan ketika kamu ingin memulai kembali, kamu akan mencari cara yang baru dengan mempertimbangkan cara yang gagal sebelumnya.

Jadi benarlah kata kata pepatah yang mengatakan: “Beruntunglah orang-orang yang berbuat kesalahaan daripada orang yang sama sekali tidak pernah melakukan kesalahan”.

Jadi kesimpulannya adalah tidak perlu harus malu ketika Anda pernah berbuat
kesalahan di masa lalu.

Baca Juga: Singapore Open 2023: Kunvalut Cidera, Anthony Melenggang Ke Final

Kesalahan bukanlah sebuah aib yang tak ada gunanya, justru kesalahan diri sendiri menjadikan Kamu sebagai pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Al-Hasyr (59): 18 yang berbunyi:

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." ***

Berita Terkait