DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Piala Dunia U20: Kalahkan Italia, Uruguay Juara Perdana

image
Timnas Uruguay U20 berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia U20 2023 untuk pertama kalinya setelah kalahkan Italia di final

 

ORBITINDONESIA.COM – Uruguay keluar sebagai juara Piala Dunia U20 2023 setelah kalahkan Italia pada final yang berlangsung di Stadion La Plata Argentina Senin 12 Juni 2023 pagi WIB.

Final Piala Dunia U20 2023 antara Uruguay melawan Italia berakhir dengan 1-0 lewat Luciano Rodriguez di menit ke-86.

Dengan kemenangan atas Italia di final Piala Dunia U20 2023 menjadikan sejarah tersendiri bagi Uruguay karena ini menjadi pertama mereka juara Piala Dunia U20 setelah tiga kali tembus final.

Baca Juga: Piala Dunia U20: Kejutan, Israel Raih Peringkat Ketiga Usai Libas Korea Selatan

Sebelumnya di final Piala Dunia U20 pada edisi 1997 melawan Argentna dan edisi 2013 ketika berhadapan dengan Prancis, namun keduanya menempatkan Uruguay sebagai runner up.

Sementara itu dalam perebutan tempat ketiga, Israel akhiri Piala Dunia U20 2023 dengan manis setelah kalahkan Taeguk Warrior, Korea Selatan dengan sko 3-1

Sejak awal pertandingan, Uruguay tampil agresif dengan mengancam pertahanan Italia pada menit kedelapan melalui tendangan bebas.

Baca Juga: Piala Dunia U20: Uruguay Dan Korea Selatan Melaju ke Perempat final

Luciano Rodriguez eksekusi tendangan bebas namun upayanya belum berbuah gol setelah tendangannya melebar.

Pada menit ke-22 Uruguay mendapatkan peluang yang bermula dari sepak pojok kapten Fabricio Diaz.

Bola tendangan Diaz disambut dengan tandukan Anderson Duarte, namun kiper Italia Sebastiano Desplanches menunjukkan penampilan impresif.

Baca Juga: Singapore Open 2023: Anthony Ginting Pertahankan Gelar dan Pecahkan Rekor 50 Tahun

Desplanches lakukan penyelamatan dengan menepis sundulan Duarte dan berhasil amankan gawangnya dari kebobolan.

Berbeda dengan Azzurini, julukan timnas Italia U20 yang tidak terlihat memberikan ancaman dengan hanya menciptakan satu tendangan.

Walau mendominasi, Uruguay belum berhasil juga memecahkan kebuntuan dan babak pertama pun tuntas dengan skor kacamata 0-0

Baca Juga: MotoGP Italia 2023: Bagnaia Sempurna di Rumah Sendiri, Marquez Bersaudara Tabrakan

Uruguay terus menekan Italia kali ini lewat Alan Matturro yang nyaris cetak gol untuk timnnya pada menit ke-59 namun sudulan gagal masuk ke gawang Italia.

Uruguay kembali dapatkan kesempatan lewat tendangan Diaz di menit ke-71, namun bola dengan mudah ditangkap oleh Desplanches.

Saat pertandingan sisakan 10 menit, Wasit Glenn Nyber keluarkan kartu merah untuk Matteo Prati setelah dianggap menendang lutut Diaz.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Aroma Spanyol Semakin Kental. Persib Kenalkan Alberto Rodriguez Martin

Namun setelah tinjau VAR, Glenn Nyberg mengubah keputusannya dengan mengganti karetu merah menjadi kartu kuning untuk Prati.

Uruguay berhasil pecahkan kebuntuan lewat gol di menit ke-86 lewat sundulan Luciano Rodriguez dan mengubah menjadi 1-0 atas Italia.

Gol Luciano Rodroguez tersebut pastikan Uruguay menjadi juara Piala Dunia U20 2023 untuk pertama kalinya.

 

 

 

 

 

 

Dapatkan informasi lainnya dari kami di Google News

Berita Terkait