DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Banyak Habib di Indonesia Bukan Keturunan Nabi Muhammad SAW, Tetapi Keturunan Tukang Tipu

image
Ilustrasi Makkah tempat Nabi Muhammad SAW dulu. Banyak yang mengaku-aku sebagai habib atau keturunan Nabi.

ORBITINDONESIA.COM - Dengan menumpang kemuliaan Nabi Muhammad SAW, banyak orang-orang yang mengaku keturunan beliau mengambil keuntungan untuk mendapatkan kemuliaan dari sebagian umat Islam. 

Mereka menganggap keturunan Nabi Muhammad SAW yang bergelar Syarif dan Sayyid atau Habaib sebagai orang yang mulia yang lebih unggul dari orang lainnya.

Bahkan pada masa imperium Ottoman di Turki, banyak orang dari Timur Tengah yang pada saat itu masih miskin lalu bermigrasi dan menetap serta berusaha di Turki, kemudian membeli atau memalsukan identitasnya dan mengaku keturunan Nabi Muhammad SAW untuk mendapatkan gelar Sayyid, agar memperoleh keringanan pajak dari kekhalifahan Ottoman.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Penyuluh Chabib Susanto dari Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Blusukan Beri Penyuluhan Hukum di Kelurahan Senen

Seorang peneliti dan penulis di zaman Hindia Belanda, yakni L. W. C. van den Berg yang menulis hasil penelitian-nya tentang keturunan Arab di Indonesia mengatakan, di masa itu orang Arab bangsa Yaman waktu naik ke kapal Belanda yang eksodus ke Indonesia lalu mengganti nama mereka saat dicatat di atas kapal.

Sehingga kemungkinan adanya seseorang yang mengganti namanya menjadi seolah-olah keturunan Nabi Muhammad SAW, sangat bisa terjadi, karena pada saat itu belum dikenal kartu identitas.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Misalnya: pada saat itu ada seseorang yang bernama Umar Thoyib, kemudian ketika naik ke kapal mengganti nama menjadi Usman bin Yahya Shihab, yang kemudian berlanjut ke keturunannya.

Baca Juga: Yasonna H Laoly: Regulasi Golden Visa Selesai Bulan Juni Ini

Nah, identitas palsu ini terus berlanjut dibawa oleh keturunan mereka berikutnya. Sehingga keturunan orang Arab Yaman yang menggunakan identitas palsu Sayyid atau Habaib ini, merasa diri mereka keturunan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

(Catatan: Usman bin Yahya Shihab, karena jasanya membantu Belanda, maka diangkat menjadi Mufti di Batavia, dengan gaji 100 gulden/bulan, dan dapat lencana berbentuk Salib).

Pada masa Hindia Belanda tersebut, belum ada yang namanya kartu identitas alias KTP, sehingga identitas palsu mustahil untuk dilacak dan diungkap identitas aslinya.

Lalu, apakah Habaib-Habaib yang ada sekarang adalah benar-benar Habaib yang diyakini sebagai keturunan Rasulullah SAW dari nasab Sayyid yang datang dari Hadramaut?

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Baca Juga: Natasha Rizky Resmi Bercerai dengan Desta: Terlihat Lega, Begini Tanggapan Psikolog

Tidak ada satu pun yang tahu, termasuk para Habaib-Habaib itu sendiri, bahwa moyangnya benar-benar keturunan Muhammad SAW.

Atau jangan-jangan, adalah seorang Yaman yang keturunan entah siapa, yang ketika datang untuk pertama kalinya ke Nusantara hanya mengaku-aku Habaib agar dihormati oleh penduduk setempat. Dan hanya Allah SWT sajalah yang mengetahuinya.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Allah SWT menjaga lisan Rasulullah SAW yang bertutur kata sangat santun. Begitu juga Allah SWT menjaga lisan anak dan cucu Rasulullah SAW. Bahkan Allah SWT menjaga juga lisan cucu cicit Rasulullah SAW yang masih hidup dan sudah terbukti DNA-nya, yakni Raja Abdullah II dari Yordania.

Oleh karena itu, apabila ada cucu cicit Rasulullah SAW yang mengaku Habaib tapi lisan-nya buruk dan busuk, maka dia bukanlah cucu cicit Rasulullah SAW!

Baca Juga: 3 Fakta Perceraian Natasha Rizky dan Desta Ini Bikin Netizen Geleng Kepala: Semoga Selalu Kuat

Baca Juga: Dugaan Operasi Tangkap Tangan Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Gelandang 3 Pejabat Maluku Utara ke Jakarta

Bisa saja para Habaib tersebut ngotot bahwa dirinya adalah cucu cicit Rasulullah SAW. Tetapi, agar masyarakat Indonesia tidak ragu kepada ke-Habiban-nya, sebaiknya melakukan tes DNA.

Sehingga akan terungkap, apakah para Habaib tersebut benar-benar keturunan Nabi Muhammad SAW.

Lab test DNA yang diakui secara Internasional adalah yang menyimpan DNA Raja Abdullah II, penguasa Yordania, yang sudah terbukti adalah keturunan Ali bin Abi Thalib RA, suami dari Sayyidatina Fatimah RA, putri Rasulullah SAW.

Baca Juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Turun di Beberapa Kota

(Qinanti, AT. dari Amien Hidayat yang menukil dari tulisan Inas N Zubir)

Sumber/Referensi:
~ Le Hadramout et les Colonies Arabes Dans I'Archipel Indien, Impr. da Gouvenement, Havard Univercity, 1886, (Orang Arab di Indonesiz)
~ https://www.igenea.com/en/muhammad ***

Berita Terkait