DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Tingkatkan Produktvitas, Ridwan Kamil Umumkan Sistem Work From Anywhere di Pemprov Jawa Barat

image
Ridwan Kamil umumkan Work From Anywhere bagi seluruh ASN di pemprov Jawa Barat

 

ORBITINDONESIA.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada hari ini Selasa, 20 Juni 2023 mengumumkan sistem Work from anywhere (WFA) bagi ASN yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Work from anywhere (WFA) merupakan sistem kerja yang bisa dilakukan dimana saja tanpa harus berada di kantor yang dipercaya Ridwan Kamil dapat meningkatkan produktivitas para pegawai.

Melalui unggahan Instagram Ridwan Kamil di akun pribadinya @ridwankamil, ia menuliskan bahwa sistem ini akan mulai diujicobakan mulai minggu ini.

Baca Juga: Banyak Kecelakaan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Mulai Garap Tol Khusus Tambang, Ini Wilayah yang Dilalui

Sebelumnya, studi ini sudah dilakukan selama 1 tahun dan diprediksi produktivitas kerja ASN (Aparatur Sipil Negara) akan meningkat dan biaya anggaran APBD untuk transportasi pegawai, makan dan minum dinas bisa dihemat.

Sistem ini akan dipermanenkan untuk para ASN yang bekerja tanpa berinteraksi dengan publik atau pelayan publik seperti perencana, bagian keuangan, konseptor, penginput data, analis data dan lainnya.

Dengan diberlakukannya sistem WFA ini akan mengurangi stress di perjalanan lalu lintas.

Baca Juga: Kemenkumham Beri Hak Cipta Lagu Loneliness kepada Putri Ariani, Yasonna H. Laoly: Mengharumkan Indonesia

Hal ini juga dapat membantu pengurangan volume kendaraan sehingga potensi kemacetan bisa dikurangi.

Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa Kang Emil ini menegaskan bahwa sistem WFA hanya akan diberikan kepada ASN yang memiliki sejarah kerja disiplin dan produktif.

Selain itu, ASN yang akan melakukan sistem WFA ini juga wajib mendapatkan persetujuan dari atasan dimana KPI kerja wajib meningkat.

Baca Juga: Fix, Pemerintah Resmikan Libur Idul Adha 1444H dan Cuti Bersama, Ini Dia Tanggalnya

Menurut Kang Emil, ini merupakan adaptasi reformasi kerja pasca-pandemi Covid-19.

“Sejatinya, kita bisa produktif tanpa harus selalu commuting ke kantor seperti pola kerja konvensional lainnya,” tulisnya dalam unggahan Instagram tersebut.

Sistem kerja ini dinamai dengan ‘Mekanisme Kerja Dinamis’ (MKD) atau dalam bahasa inggrisnya disebut Dynamic Working Arrangement.

Baca Juga: Park Seo Joon Dikabarkan Sedang Menjalin Hubungan Dengan Youtuber, Begini Tanggapan Agensi

Dengan diberlakukannya sistem ini di lingkup pemerintahan Jawa Barat, Ridwan Kamil berharap jika pihak dunia kerja swasta juga dapat memulai secara permanen pola kerja seperti ini.

Semoga dengan diberlakukannya pola kerja seperti ini, dapat meningkatkan produktivitas pegawai, menghemat biaya, mengurangi stress dan mengurangi potensi kemacetan lalu lintas.

 

 

 

 

Dapatkan informasi menarik lainnya dari ORBITINDONESIA.COM di Google News.

Berita Terkait