DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Nonton Indonesia Vs Argentina, Pengamat: Sinyal dari Jokowi Duetkan Prabowo dan Erick Thohir

image
Pengamat sebut Presiden Jokowi beri sinyal mendukung Prabowo-Erick Thohir di Pemilu 2024.

ORBITINDONESIA.COM – Keberadaan Presiden Jokowi, Erick Thohir, dan Prabowo Subianto sewaktu menonton pertandingan Timnas Indonesia melawan Argentina di Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin 19 Juni 2023 dimaknai sebagai pesan politik.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komaruddin menyebut, momentum kebersamaan Jokowi di antara Prabowo Subianto dan Erick Thohir adalah sinyal kuat bahwa Jokowi akan mendukung dan memenangkan Prabowo-Erick pada Pemilu 2024.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

“Kedekatan dan kelengketan Jokowi secara hati nurani dan secara pribadi itu mendukung Prabowo Subianto, saya melihat ada skema Prabowo-Erick Thohir," kata Ujang.

Baca Juga: Erick Thohir Ingin Naikkan Pamor Wasit Sepak Bola, Jalankan Seleksi Wasit untuk Musim Kompetisi Mendatang

Baca Juga: Laga Timnas Indonesia vs Argentina, Erick Thohir Tunjukkan Ada Nasionalisme yang Berkibar Kuat di Sana

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Baca Juga: Tiba di Jakarta, Erick Thohir Kalungi Tim Argentina Kain Selendang dari Timor

Selain itu, Ujang juga menganggap bahwa keakraban dan kedekatan mereka bukan kedekatan biasa antara Presiden dan menterinya, akan tetapi jauh lebih bermakna.

“Kita tahu, Jokowi masih Presiden. Ia masih punya kekuatan besar untuk bisa  membantu pemenangan Capres yang didukung," katanya.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Menurut Ujang, hati nurani Jokowi sejatinya memilih dan mendukung Prabowo meskipun secara kepartaian dia seakan "dipaksa" PDI Perjuangan (PDIP) untuk mendukung Ganjar karena sesama kader partai.

“Akan tetapi, Jokowi diyakini bisa memperhitungkan dan secara objektif mengkalkulasikan bahwa Prabowo lebih berpotensi memenangkan kontestasi Pilpres 2024," tutur Ujang.

Presiden Jokowi hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta dengan mengenakan kaus berwarna putih sedangkan Erick Thohir dan Prabowo yang duduk bersebelahan sama-sama memakai pakaian merah. ***

Berita Terkait