DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Catat, Inilah 5 Program Studi Paling Favorit di Universitas Negeri Semarang

image
Program Studi di Unnes yang Mendominasi Peringkat Tertinggi, Jalur Nilai Rapor. Sumber foto: Instagram @unnes_semarang

 

ORBITINDONESIA.COM - Universitas Negeri Semarang (Unnes) tengah menjadi sorotan publik dengan berbagai macam Program Studi terbaiknya.

Program Studi (Prodi) Manajemen di Universitas Negeri Semarang (Unnes) sedang menjadi favorit atau diminati oleh banyak calon mahasiswa.

Program Studi di Unnes telah menarik minat sebanyak 3.603 siswa mendaftar dalam Seleksi Mandiri (SM) jalur nilai rapor.

Baca Juga: Profil The Juilliard School, Kampus Idaman Putri Ariani Peraih Golden Buzzer di America's Got Talent

Dilansir dari laman resmi Unnes pada Selasa, 27 Juni 2023, terdapat lima program studi di Unnes yang mendominasi peringkat tertinggi Jalur Nilai Rapor.

Program Studi Manajemen menduduki peringkat pertama dengan jumlah pendaftar terbanyak, diikuti oleh Psikologi dengan 3.085 pendaftar, Kesehatan Masyarakat dengan 2.973 pendaftar, Ilmu Hukum dengan 2.846 pendaftar, dan Teknik Informasi dengan 2.409 pendaftar.

Surahmat, selaku Kepala Humas Unnes, menuturkan, Unnes mengalokasikan 50 persen dari kuota penerimaan mahasiswa baru untuk jalur SM, yang terbagi menjadi beberapa kategori, salah satunya adalah berdasarkan nilai rapor.

Baca Juga: Inilah 49 Daftar Lengkap Perguruan Tinggi dalam Negeri Tujuan Beasiswa LPDP 2023: Cek Kampus Tujuanmu

Selain jalur nilai rapor, Unnes juga menawarkan jalur SM lainnya yang masih akan dibuka, yaitu Jalur UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan Jalur Mandiri Reguler,” jelas Surahmat.

Pendaftaran untuk jalur nilai rapor akan ditutup pada dini hari Selasa 27 Juni 2023, setelah mengalami perpanjangan karena antusiasme masyarakat yang tinggi untuk mendaftar melalui jalur tersebut.

“Jalur UTBK akan dibuka mulai 26 Juni hingga 6 Juli 2023. Sementara itu, jalur mandiri reguler telah dibuka sejak 17 Mei lalu dan akan ditutup pada 9 Juli 2023,” tambahnya.

Baca Juga: Catat 5 Kampus di Indonesia yang Selalu Jadi Pertimbangan Penting HRD Ketika Melamar Kerja

Jalur Rapor dan UTBK merupakan jalur seleksi tanpa tes. Pada jalur rapor, seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapor semester 1-5, dan hanya tersedia untuk siswa “fresh graduate” atau mereka yang lulus pada tahun 2023.

Jalur UTBK juga tidak melibatkan mekanisme tes karena penilaian dilakukan berdasarkan skor UTBK yang telah diperoleh peserta.

Pada jalur mandiri rapor, terdapat beberapa program studi dengan tingkat persaingan yang rendah.

Pendidikan Bahasa Prancis menduduki peringkat teratas dengan hanya 50 pendaftar, merupakan jumlah paling sedikit.

Di peringkat kedua, terdapat Sastra Jawa dengan 65 pendaftar, kemudian Pendidikan Bahasa Mandarin dengan 82 pendaftar, Pendidikan Seni Rupa dengan 82 pendaftar, dan Pendidikan Seni Musik dengan 91 pendaftar.***

Berita Terkait