DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

10 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha Bahasa Jawa Lengkap dengan Artinya Cocok untuk Kerabat dan Keluarga

image
Simak ucapan selamat hari raya Idul Adha 1444 H bahasa Jawa lengkap dengan artinya.

 

ORBITINDONESIA. COM - Hari Raya Idul Adha besok Kamis, 29 Juni 2023 bisa diperingati dengan shalat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Raya Idul Adha adalah dengan mengirimkan ucapan selamat kepada kerabat dan tetangga dengan bahasa tradisional Jawa.

Ucapan selamat Hari Raya Idul Adha bisa diucapkan dengan bahasa tradisional Jawa tanpa mengurangi makna kekeluargaan dan kesucian hari raya kaum muslim.

Baca Juga: Karakter Ikonis Harley Quinn akan kembali di DC Universe, diperankan aktris Margot Robbie 

Ucapan selamat di bawah ini juga dilengkapi dengan arti terjemahan dari bahasa jawa yang akan disampaikan kepada kerabat atau tetangga yang merayakan Hari Idul Adha.

Berikut ini adalah deretan ucapan selamat Idul Adha dengan bahasa tradisional Jawa yang bisa diucapkan kepada kerabat atau tetangga: 

  1. "Idul Adha mujudake wektu sing seneng. Kula sekeluarga ugi ngaturaken sugeng Idul Adha kagem rencang-rencang ingkang ngrayakake. Mugi-mugi Allah nampi sedaya donga lan nyuwun pangapunten menawi wonten kalepatan ingkang disengaja utawi mboten disengaja. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah."

Artinya: Hari Raya Idul Adha adalah momen yang membahagiakan. Kami sekeluarga turut mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha untuk semua teman-teman yang merayakan. Semoga Allah senantiasa  menerima semua doa kita dan permohonan maaf atas kesalahan yang sengaja maupun tidak. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

 Baca Juga: Inilah Niat dan Tata Cara Mandi Wajib, Sunnah yang dianjurkan sebelum Shalat Idul Adha bagi pria dan perempuan

  1. "Ati sing resik, ati seneng, ngrayakake Idul Adha sing suci iki. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT."
    Artinya: Bersihnya hati, bahagianya hati, rayakan Hari Raya Idul Adha yang suci ini. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.
  2. "Qurban pancen kudu ditindakake. Nanging yen sampeyan durung bisa nindakake ing taun iki, isih ana kesempatan kanggo nindakake kabecikan ing dina liyane. Sugeng Riyaya Idul Adha 1444 Hijriah lan ojo sedhih!"

Artinya: Qurban memang hendaknya dilaksanakan. Namun jika belum bisa melaksanakannya tahun ini, masih ada kesempatan berbuat baik di hari lain. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah dan jangan bersedih hati!

  1. "Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah! Elingi keikhlasane Nabi Ibrahim AS dadi hamba sing mulya."

Artinya: Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah! Ingatlah ketulusan Nabi Ibrahim AS untuk menjadi hamba yang mulia.

Baca Juga: Di Bandung akan Hadir Monumen Plaza Bung Karno, Hasto dan Ridwan Kamil Letakkan Batu Pertama  

  1. "Ibadah kurban pancen mulya. Nanging ora perlu sedhih amarga durung bisa ngrampungake. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah."

Artinya: Ibadah qurban memang mulia. Namun tidak perlu bersedih karena belum mampu menunaikannya. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

  1. "Kéwan kurban mujudaké berkah amarga diparingaké déning umat Islam marang masyarakat kabèh. Indahnya kebersamaan. Bangga dadi wong Islam. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah!"

Artinya: Hewan qurban adalah sebuah berkah karena diberikan oleh orang-orang muslim untuk seluruh masyarakat. Indahnya kebersamaan. Banggalah menjadi seorang muslim. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah!

  1. "Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah! Mugi-mugi sedaya amal ibadah kita dipun tampi dening Allah SWT lan ing tembe mboten wonten alangan malih."

Artinya: Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah! Semoga seluruh ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan kedepannya tiada lagi kendala apapun yang menyertai.

 Baca Juga: Inilah Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Idul Adha Terlengkap Beserta Arab Latinnya, Simak Penjelasannya

  1. "Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah! Muga-muga kita kabeh dadi manungsa sing kebak manfaat, barokah, lan paring sing paling apik kanggo awake dhewe lan wong liya."

Artinya: Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah! Semoga kita semua menjadi manusia yang penuh manfaat, berkah, dan memberikan yang terbaik untuk diri sendiri maupun orang lain. 

  1. "Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah! Mugi-mugi Allah tansah paring kabingahan lahir lan batin lan tentrem rahayu ingkang langgeng. Amin."

Artinya: Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah! Semoga Allah senantiasa memberi bahagia lahir dan batin serta ketenangan jiwa yang abadi. Aaamiin. 

Baca Juga: Sinopsis Film Death Wish: Misi Bruce Willis Balas Dendam demi Kematian Istri Tayang di Bioskop Trans TV

  1. "Kaendahan Idul Adha saben taun bakal dirasakake dening kabeh Muslim lan wanita Muslim. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah!"

Artinya: Indahnya Hari Raya Idul Adha setiap tahunnya akan dirasakan semua muslim dan muslimah. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah!

Sebelum melakukan ibadah shalat Idul Adha, warga muslim dianjurkan untuk melakukan mandi wajib baik yang pria dan perempuan.

Hal ini agar bisa mensucikan diri sendiri dari segala dosa dan najis yang menempel di tubuh dan menyempurnakan ibadah shalat Idul Adha.***

 

Berita Terkait