DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Rawat Persaudaraan, Gereja di Maluku Menyumbang Hewan Kurban untuk Perayaan Idul Adha di Masjid

image
Ketika Gereja di Maluku Menyumbang Hewan Kurban untuk Perayaan Idul Adha di Masjid untuk Rawat Persaudaraan/Dok Antara

ORBITINDONESIA.COM- Potret toleransi di Indonesia terus bermunculan dan menguat di Indonesia. Terbukti, Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) menyerahkan bantuan hewan kurban kepada pengurus Masjid Raya Al-Fatah Ambon pada pelaksanaan Idul Adha 2023.

Sinode Gereja Protestan Maluku, Pendeta IS Sapulette bahkan menyerahkan langsung hewan kurban berupa satu ekor sapi kepada Sekretaris Umum (Sekum) Imam Masjid Raya Al-Fatah Ambon, Hasanussi.

Ia mengatakan hewan kurban dari Gereja Protestan Maluku itu merupakan bentuk komitmen merawat persaudaraan yang dilandasi oleh semangat tolong-menolong rela berkorban dan kasih kepada sesama.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

Baca Juga: Gereja Katedral di Jakarta Beri Lahan Parkir hingga Tiadakan Misa Pagi, Hormati Umat Islam Salat Idul Fitri

GPM, katanya, berkomitmen dan konsisten untuk terus merawat kehidupan persaudaraan kehidupan bersama di Maluku yang didasarkan rasa persaudaraan memperkuat kehidupan bersama yang damai.

Ia menyatakan, sikap kasih, persaudaraan, kerelaan berkorban adalah nilai dasar keagamaan yang tidak saja di dalam ajaran Kristen tetapi juga di dalam seluruh agama.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

"Karena itu nilai baik ini penting untuk terus diimplementasikan dalam bentuk kehidupan bersama yang saling menopang, dan menjadi nilai dasar untuk membangun kehidupan bersama," katanya, dikutip dari Antara, Kamis 29 Juni 2023.

Baca Juga: Khutbah Idul Adha 2023, Guru Besar Universitas Jember, Sampaikan Pentingnya Nilai Kesetaraan

Momentum ldul Adha, kata dia, memberi makna untuk memperkuat kepekaan dan kepedulian kepada sesama yang membutuhkan.

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

"Harapan kami perayaan hari besar keagamaan semakin memperkuat kehidupan bersama sebagai orang Basudara di Provinsi Maluku," kata IS Sapulette .

Imam Masjid Raya Al-Fatah Ambon K.H. R.R. Hasanussi mengatakan hewan kurban yang diserahkan Sinode GPM merupakan wujud kebersamaan umat beragama di Maluku.

Baca Juga: Warner Bros dan DC Studios Sudah Temukan Pemeran Baru Superman: Aktor David Corenswet

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

"Wujud saling menghargai umat beragama ini Allah subhanahu wa ta ala (SWT) akan memberikan hidayah kepada kita semua agar hidup ini bisa bermanfaat bagi sesama," katanya.

Ia mengakui sampai hari ini cukup banyak instansi dan lembaga yang memberikan bantuan hewan kurban untuk menyambut Idul Adha di daerah setempat.

"Semua hewan kurban yang diterima tersebut akan disembelih dan dibagikan kepada yang berhak menerima pada Idul Adha ini,” demikian RR Hasanussi***

Berita Terkait