DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Uzbekistan akan Bangun Soekarno Memorial Library di Kompleks Makam Imam Bukhari

image
Makam Imam Bukhari di Samarkand, Uzbekistan

 

ORBITINDONESIA.COM - Megawati Soekarnoputri memberi apresiasi Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang mengusulkan pembangunan Soekarno Memorial Library di kompleks makam Imam Bukhari di Kota Samarkand, Uzbekistan.

 

Ma'ruf Amin mengutarakan hal itu setelah menyampaikan secara langsung kepada Megawati dalam acara Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu 24 Juni 2023.

 

"Kemarin (Sabtu) saya ketemu Ibu Mega (di GBK), saya sampaikan itu, Ibu Mega juga senang sekali," kata Wapres di sela kunjungan kerja di Gunung Kidul, Yogyakarta, Selasa 27 Juni 2023.

 

Baca Juga: SMRC: Belum Ada Bacawapres yang Membuat Ganjar Lebih Kompetitif dalam Pilpres

 

Ia juga memperoleh kabar bahwa Megawati diundang ke Samarkand, berkaitan dengan rencana tersebut.

 

"Ibu Mega juga diundang ke sana, mungkin akan ke sana. Mudah-mudahan, karena Bung Karno sangat dikenal di Uzbek," ujarnya.

 

Ma'ruf Amin beberapa waktu lalu berkunjungan kerja ke Uzbekistan. Selain untuk meningkatkan kerja sama kedua negara, ia juga berziarah ke makam perawi hadis Rasulullah, Imam Bukhari di Samarkand.

 

Makam Imam Bukhari ditemukan berkat dorongan Soekarno. Oleh karena itu, ia mengusulkan kepada Perdana Menteri Uzbekistan dan Gubernur Samarkand agar dibangun Soekarno Memorial Library, yakni semacam perpustakaan untuk mengenang Bung Karno di sana.

 

Usul itu dilandasi jasa Bung Karno atas penemuan makam Imam Bukhari, sekaligus juga karena sosok Bung Karno yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

 

Pemerintah Uzbekistan sendiri menyambut baik usul tersebut dan akan segera membahasnya melalui menteri kedua negara yang membidangi pariwisata. ***

Berita Terkait